Global-News.co.id
Jember Raya Sport Utama

Songsong Porprov Jatim VII, Pemkab Lumajang Bakal Beri Pendampingan Warga Siapkan Homestay

Salah satunya dengan menyediakan homestay ‘dadakan’ yang memiliki standar baik serta giat mempromosikan potensi wisata

LUMAJANG (global-news.co.id) – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Tahun 2022 yang rencananya diselenggarakan Juni – Juli 2022, diperkirakan akan mendatangkan puluhan ribu masyarakat dari luar kota. Hal itu tentu menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Saat dimintai keterangan di Kantor Bupati Lumajang, Selasa (22/2), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati, mengungkapkan, dirinya memperkirakan akan ada kurang lebih 25 ribu orang yang datang ke Kabupaten Lumajang saat even Porprov VII Tahun 2022.

Menurutnya, jumlah tersebut melihat total atlet yang akan bertanding ditambah dengan pelatih dan ofisial, serta anggota keluarga atlet yang kemungkinan juga akan turut serta dalam rombongan.

Selain itu, diungkapkan Yuli Haris, potensi tersebut harus disambut dengan baik, salah satunya dengan cara menyediakan homestay ‘dadakan’ yang memiliki standar baik serta giat mempromosikan potensi wisata yang ada di beberapa wilayah.

“Langkah awal kami sudah mengumpulkan seluruh Camat, kami koordinasi untuk mempersiapkan seluruh potensi wilayah yang dimiliki, termasuk wisata dan penginapannya,” ungkap dia.

Ia menambahkan, agar memiliki standar sesuai yang diharapkan, nantinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan melakukan pendampingan kepada masyarakat yang akan menyediakan homestay.

“Nanti kita berikan pendampingan, meskipun kamar rumah yang disewakan paling tidak harus ada standar dan nyaman,” imbuhnya.

Selain itu, Disparbud juga menyiapkan potensi wisata yang di Kabupaten Lumajang melalui sistem yang saling terintegrasi agar masyarakat luar kota bisa mengetahui dengan mudah wisata-wisata yang akan dikunjungi. (kmf, lmj)

baca juga :

Semifinal Piala Presiden 2022: Arema FC Bekuk PSIS 2-0 pada Leg Pertama

JMSI Pastikan Semua Anggotanya Kredibel  

gas

TPS Bangun Sumur Bor untuk Warga Desa Sumberwaru Pamekasan

Redaksi Global News