Global-News.co.id
Mancanegara Sport Utama

Rusia Mulai Dikucilkan dari Dunia Olahraga

Timnas Rusia ditolak Polandia dan Swedia di playoff Piala Dunia 2022.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Dunia olahraga Rusia mulai merasakan efek invasi ke Ukraina. Sejumlah federasi olahraga Rusia mulai dikucilkan karena keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina.

Federasi Sepakbola Rusia (RFU) paling mendapat imbas dari invasi Rusia ke Ukraina. RFU dikucilkan dua federasi sepakbola, yakni Polandia (PZPN) dan Swedia (SVFF)

PZPN dan SVFF memastikan Polandia dan Swedia menolak melawan Rusia pada playoff Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada 24 Maret dan 29 Maret mendatang.

“Waktu berbicara sudah berakhir. Saatnya bergerak. Karena eskalasi agresi Federasi Rusia di Ukraina, timnas Polandia tidak membayangkan bermain play-off (Piala Dunia 2022) melawan Rusia,” tulis Presiden PZPN Polandia, Cezary Kulesza, dikutip dari Yahoo Sports.

Hal yang sama diungkap SVFF Swedia melalui presiden federasi Karl-Erik Nilsson yang memastikan timnas Swedia menolak lawan Rusia di playoff Piala Dunia 2022.

“Apapun keputusan FIFA, kami tidak akan bermain melawan Rusia pada Maret mendatang,” ucap Nilsson.

Rusia, Polandia, Swedia dan Republik Ceko berada di kotak yang sama pada playoff Piala Dunia 2022. Di babak semifinal, 24 Maret, Rusia akan melawan Polandia dan Swedia vs Ceko.

Hingga kini FIFA belum mengambil keputusan terkait keputusan federasi Polandia dan Swedia. Namun pengucilan terhadap Rusia di dunia olahraga bukan hanya terjadi di sepakbola.

International Biathlon Union (IBU) pada Jumat (25/2) meminta Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk melarang lagu kebangsaan dan bendera Rusia serta Belarus, yang merupakan sekutu Rusia, dalam seluruh kegiatan olahraga.

“Tidak ada bendera Rusia atau Belarus, simbol negara, atau lencana nasional yang bisa diperlihatkan dalam venue. Alih-alih bendera negara, bendera IBU akan ditampilkan,” demikian pernyataan resmi IBU.

Atlet dari Rusia dan Belarus masih diperbolehkan tampil dalam tiga even Biathlon tersisa tahun ini, tapi sebagai atlet netral. Tapi Estonia yang menggelar turnamen di Otepaeae, 10-13 Maret mendatang, telah melarang atlet Rusia dan Belarus masuk negara itu untuk menjalani turnamen. (cnn, ins)

baca juga :

MotoGP, Miguel Oliveira Juara GP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Redaksi Global News

Fokus Jaga Kondisi, Persebaya Tetap Evaluasi Kekurangan

Redaksi Global News

Persebaya Kembali Asah Finishing