Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Resmikan Gedung Baru, Pemdes Gempol Bertekad Majukan BUMDes Langgeng Jaya

Toko adalah salah satu sayap usaha BUMDes Langgeng Jaya Desa Gempol

NGANJUK (global-news.co.id) –  Pemerintah Desa (Pemdes) Gempol, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, meresmikan gedung baru, Sabtu (26/2). Gedung tersebut akan dipakai untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Langgeng Jaya.

Dengan memiliki gedung baru, Pemdes Gempol berharap BUMDes Langgeng Jaya bisa semakin maju dan berkembang. Terutama untuk mendongkrak kesejahteraan warga setempat.

Peresmian gedung baru itu ditandai dengan pemotongan pita serta tumpeng oleh Kepala Desa Gempol, Sumarsono. Turut hadir dan diundang pada acara tersebut jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Rejoso.

Sumarsono menjelaskan, peresmian gedung baru tersebut bersamaan dengan terbitnya badan hukum BUMDes yang berdiri sejak tahun 1999 tersebut. “Apalagi, ada berbagai kegiatan yang menjadi program BUMDes Langgeng Jaya,” ujarnya.

Pertama adalah program Lumbung Pangan Tani Makmur yang telah berdiri sejak 28 Maret 1999. Bergerak di bidang usaha simpan pinjam gabah, program tersebut diikuti oleh anggota sebanyak 300 Kepala Keluarga (KK).

Program kedua yaitu Kelompok Tani (Poktan) Desa Gempol yang bergerak pada bidang usaha simpan pinjam pupuk. Ada tiga poktan di Desa Gempol yang mengikuti program tersebut. Yaitu Poktan Gemah Ripah, Poktan Sumber Makmur 1 dan Poktan Sumber Makmur 2.

Gedung baru yang diresmikan Sabtu (26/2) lalu

Program ketiga, adalah sewa alat pompa air atau disel untuk pengairan sawah. Delapan unit alat pompa air rutin disewa oleh para petani setempat.

Program keempat adalah simpan pinjam RT dan RW. Anggotanya adalah para ketua RT dan RW, sekaligus masyarakat setempat.

Program selanjutnya, yaitu Toko BUMDes Langgeng Jaya yang berasal dari penyertaan modal Dana Desa (DD). Dan terakhir, program keenam, adalah Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) Tirto Langgeng, dengan jumlah anggota 321 orang.

Dengan peresmian gedung baru tersebut, Sumarsono merasa bersyukur. Apalagi selama didirikan, BUMDes Langgeng Jaya telah memberi kontribusi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Gempol.

“Pada APBDes tahun anggaran 2020 telah memberikan kontribusi sebesar Rp 1,2 juta. Dan APBDes tahun anggaran 2021 Rp 2,725 juta,” lanjutnya.

“Semoga ini semua merupakan awal yang baik. Dan selanjutnya mampu menjadikan Desa Gempol menjadi desa yang mandiri,” lanjutnya. (ins, aju)

baca juga :

Tiga Kota di Indonesia Dinobatkan sebagai Ramah Lingkungan ASEAN

Redaksi Global News

Test Event Jelang Piala Dunia U-20/2023, PSSI Jatim Bakal Gelar Piala Walikota

Redaksi Global News

Head to Head Bukan Ukuran, Borneo Tetap Yakin Raih Tripoin Ketiga

Redaksi Global News