Global-News.co.id
Pendidikan Sport Utama

Perkuat Karakter Pemuda, Dispora Jatim Kolaborasi dengan Puspenerbal

Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin saat pertemuan dengan Kadispora Jatim Pulung Chausar di Kantor Dispora Jatim, Jumat (4/2)

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur berkolaborasi dengan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) untuk memperkuat karakter pemuda serta bersinergi di dunia olahraga.

“Kami ingin bersama Pemprov Jatim, dalam hal ini Dispora, bekerja sama dalam hal pembinaan olahraga dan pemuda,” ujar Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin seusai menggelar pertemuan dengan Kadispora Jatim Pulung Chausar di Kantor Dispora Jatim di Surabaya, Jumat (4/2).

Menurut dia, peluang kerja sama kedua instansi tersebut sangat besar, di antaranya untuk penyiapan arena dayung dan membina anggota Pramuka agar lebih bermanfaat.

Bahkan, kata Laksda Edwin, sebagai upaya mendukung kegiatan Pramuka, pihaknya telah menyiapkan lahan sebagai bumi perkemahan yang luasnya sekitar 3,5 hektare di kawasan Pulungan, Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

“Bumi perkemahan di sana sudah lama ada, tapi sudah lama juga tak terpakai. Ke depan akan kami benahi dan adik-adik Pramuka bisa memanfaatkan sebagai lokasi pembentukan karakter, sekaligus penguatan mental,” ucapnya.

Selain itu, kata laksamana berbintang dua itu, di lokasi tersebut juga terdapat fasilitas kolam renang yang nantinya bisa digunakan untuk berlatih menyelam.

“Para generasi muda kita bisa memanfaatkan aset tersebut dan kami menyambutnya dengan tangan terbuka,” kata perwira tinggi TNI AL itu.

Selain itu, Puspenerbal juga siap berkolaborasi dalam rangka penggalakan kembali olahraga masyarakat, seperti permainan tradisional.

“Anak-anak sekarang tidak ada yang tahu bagaimana bermain egrang, kelereng, gobak sodor, congklak atau dakon, dan lain-lain. Ke depan, mari pertahankan agar olahraga masyarakat ini tidak punah,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Dispora Jatim, Pulung Chausar, merasa terhormat dan berterima kasih atas kehadiran Komandan Puspenerbal ke kantornya.

Dari berbagai hasil pembicaraan, ia mengaku siap dan menyambut baik kerja sama yang hendak dilakukan ke depan.

“Ini juga menjadi tindak lanjut dari pesan Gubernur Khofifah yaitu ‘Jatim Seger’ dan ‘Jatim Harmoni’. Kami akan memanfaatkannya sebaik mungkin demi para pemuda dan olahraga di Jatim,” katanya.

“Tentang pengembangan permainan dan olahraga tradisional, kami juga siap menggelar kegiatan keliling alun-alun kabupaten/kota di Jatim untuk menggalakkannya,” tutur Pulung. (ntr, ins)

baca juga :

Corona Menggila, Hari Ini Tambah 8.704 Kasus Baru

Redaksi Global News

Kemenkes Catat Kasus Konfirmasi Covid-19 Turun pada Minggu

Redaksi Global News

Sukses Sabet Emas Recurve Putri PON XX, Diananda Incar Dua Emas Lagi

Redaksi Global News