Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Peringati HPN 2022, Bupati Muhdlor Apresiasi Sikap Kritis Pers Kawal Kebijakan Pemerintah

Pemberian penghargaan kepada sejumlah awak media pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di Kabupaten Sidoarjo, Kamis (17/2).

SIDOARJO (global-news.co.id) – Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, mengucapkan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 kepada ratusan insan pers yang bertugas di Kabupaten Sidoarjo, Kamis (17/2).

Peringatan HPN tahun ini dihadiri oleh OPD, Ketua PWI Provinsi Jawa Timur, Lutfil Hakim, sebagai narasumber, Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Ro’uf, Ketua Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) Eko Yudho Wibowo, Ketua AJS Sidoarjo, Agus Susilo, Ketua KWRI Sidoarjo, Ismuka Akhmadi serta insan pers yang bertugas di wilayah Pemkab Sidoarjo.

Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo, mengapresiasi sikap kritis pers dalam mengawal kebijakan dan program kerja Bupati Sidoarjo. Selain itu ia mendorong agar pers mengedepankan sikap independen dan sikap kritis menulis sesuai dengan fakta.

“Untuk itu independensi media ini harus dijaga sehingga masyarakat mendapat berita atau konten berita yang baik.  Bagaimanapun juga pers sebagai salah satu pilar pembangunan sangat dibutuhkan pemerintah sebagai garda depan, dengan perspektif jernih mencegah dan melawan penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian yang mampu mengancam demokrasi di negara kita,” kata Muhdlor.

Muhdlor menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan pers dalam mengemban tugas pemberitaan di Kabupaten Sidoarjo yang tetap gigih memproduksi dan menyampaikan informasi yang mengedukasi masyarakat meski di tengah pandemi Covid-19.

“Saya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan pers, meski dalam situasi pandemi yang semua sektor mengalami kelesuan bahkan keterpurukan. Namun tidak dengan rekan-rekan pers yang dengan gigih tetap memproduksi dan menyampaikan informasi yang mampu mengedukasi, menumbuhkan semangat dan optimisme masyarakat untuk bangkit dan menjalani kehidupan adaptasi new normal,” ujarnya.

Ia mengimbau agar pers tetap mendukung penuh kinerja Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam hal percepatan pembangunan dan percepatan informasi digital kepada masyarakat.

“Saya juga mengimbau rekan pers mendukung penuh agenda besar pembangunan di Sidoarjo serta menguatkan pijakan di tengah perubahan-perubahan dan percepatan transformasi digital. Salah satunya agenda pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Sidoarjo memberikan penghargaan kepada sejumlah awak media yang dinilai berdedikasi tinggi, berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Sidoarjo.

Penghargaan kepada ketua organisasi kewartawanan diberikan kepada, Ketua PWI Sidoarjo Abdul Rou’f, Ketua Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) Eko Yudho Wibowo, Ketua Aliansi Jurnalis Sidoarjo (AJS) Agus Susilo, Ketua KWRI Sidoarjo Ismuka Akhmadi.

Untuk kategori pemerintahan diberikan kepada Ali Kusyanto dari Harian Bhirawa, M Ismail dari Berita Jatim.com, Sudarmawan dari Harian Memo X, Sugeng Purnomo dari Harian Surabaya Pagi, Yudi Irawan dari Harian Duta Masyarakat, Mustain dari Harian Bangsa/ Bangsaonline.com.

Untuk kategori Inovasi Pelayanan Publik diberikan kepada Firma Zuhdi Alfauzi dari Jawa Pos dan M Taufik dari Harian Surya/Tribunnews.com. Kategori Infrastruktur diberikan kepada Mujianto Primadi dari JTV dan Roghib Al Anshori dari BBS TV.

Kategori Pendidikan diberikan kepada Rizky Putri Pratimi dari Harian Radar Sidoarjo. Untuk kategori Kritik Membangun diberikan kepada Suparno dari Detik.com dan Runik Sri Astuti dari Harian Kompas.

Apresiasi untuk wartawan senior diberikan kepada Eko Yudho Wibowo dari SCTV dan Ice Sumarto wartawan purna Harian Memorandum. (win)

baca juga :

Lebih Baik Serat dalam Buah Segar atau Jus?

Redaksi Global News

Porprov Jatim 2022, ESI Kota Kediri Matangkan Persiapan Jelang Even

Karena Mengajar Islam, China Hukum Perempuan Uighur 14 Tahun Bui

Redaksi Global News