Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Pengunjung Buper Glagaharum Bisa Kirim Surat Lewat Kotak Pos Zaman Kolonial

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, menyerahkan kepada Wabup Lumajang, Indah Amperawati di Buper Glagaharum Lumajang

LUMAJANG (global-news.co.id) – Satu lagi spot menarik yang disiapkan untuk mempercantik setiap sudut di Bumi Perkemahan (Buper) Glagaharum yakni Brievenbus atau kotak surat kalau diterjemahkan dari bahasa Belanda.

Benda bersejarah tersebut merupakan pemberian dari PT Pos Indonesia yang diserahkan oleh Direktur Utama, Faizal Rochmad Djoemadi, kepada Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati di Buper Glagaharum Lumajang, Jawa Timur, Senin (14/2).

“Saya tidak ingin orang Indonesia lupa dengan PT Pos, karena dulu satu-satunya yang bisa memfasilitasi kita berkomunikasi dengan orang lain yang pertama adalah pos,” ujar Wabup Lumajang yang biasa disapa Bunda Indah.

Bunda Indah juga menyanpaikan, Brievenbus yang ditempatkan di Buper Glagaharum bukan hanya pajangan belaka, namun fungsi dari kotak surat tersebut masih bisa digunakan oleh masyarakat untuk berkirim surat ke sanak saudara. Secara berkala petugas dari Pos Lumajang akan mengambil surat-surat yang terkumpul untuk dikirimkan ke alamat tujuan.

Menurutnya, untuk dapat membangkitkan memori lama dan mengenalkan generasi muda bersurat melalui pos, Bunda Indah berencana mengadakan lomba menulis cerita.

“Saya akan mengadakan lomba lewat kartu pos yang bergambar Bumi Glagah Arum, nanti ceritanya yang paling menarik akan kami beri hadiah. Ini membudayakan anak-anak untuk menulis dan mengenal PT Pos Indonesia,” kata dia.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan, brievenbus tersebut merupakan benda bersejarah berusia sekitar 100 tahun tersebut merupakan barang langka yang sulit ditemukan. Namun, meskipun berusia tua, brievenbus tersebut tetap kokoh tak tergerus oleh usia.

“Mudah-mudahan brievenbus menjadi spot menarik, menjadikan tempat ini semakin hidup, lebih dicintai baik pelancong domestik maupun mancanegara serta ekonomi Lumajang akan semakin lebih baik lagi,” harapnya. (kmf, lmj)

baca juga :

Sering Hujan, Proyek Pengendali Banjir di Kota Mojokerto Tertunda

Titis Global News

Andhika Ramadhani, Ungkap Rahasia Clean Sheet Bersama Persebaya

Redaksi Global News

IMF Prediksikan Ekonomi Indonesia Hanya Naik 0,5 Persen Tahun Ini

Redaksi Global News