Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Pemkot Mojokerto Berhasil Dorong UMKM hingga Dipasarkan ke Turki

Tujuh produk UMKM asal Kota Mojokerto lolos kurasi untuk tes market di Organic Botanic, Istanbul, Turki

MOJOKERTO (global-news.co.id) – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dalam mengembangkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga ke pasar internasional berhasil mendorong tujuh produk UMKM asal Kota Mojokerto lolos kurasi untuk tes market di Organic Botanic, Istanbul, Turki.

Ketujuh produk UMKM yang lolos tersebut yaitu krupuk cassava asal Magersari, kripik pisangan Faza dan skin fish dari Kedundung, jahe merah instan asal Meri, kacang telor dari Kedungkwali, chikies asal Pulorejo, snack kelor asal Pekayon, dan craft asal Kedundung.

Krupuk cassava menjadi salah satu olahan makanan khas Kota Mojokerto yang diproduksi sejak tahun 2005. Produksi ini didampingi Dinas Koperasi UKM Perindag Kota Mojokerto mulai dari legalitas, hingga pemasaran.

“Sejak 2005 kita sudah dibimbing terus sama Dinas mulai dari ngurus NIB, PKP, PIRT, label halal, uji nutrisi, B2B hingga pemasaran. Semua itu kita didampingi dan dibimbing terus,” ungkap Arik Agustiana, owner cassava.

Dikatakan Arik, pada awal produksi ia hanya memproduksi 1 hingga 2 kilogram perhari, dengan semangat pantang menyerah dan usaha yang gigih serta pendampingan dari dinas terkait, kini ia mengaku telah berhasil memproduksi hingga 2 kuintal perhari.

Selain pasar lokal Kota Mojokerto, produk krupuk cassava saat ini juga telah berhasil masuk dalam jajaran makanan/minuman yang dipasarkan di beberapa toko oleh-oleh dan mini market. “Sekarang Alhamdulillah pemasaran udah hampir seluruh Jawa Timur,” imbuh Arik.

Sebagai informasi, tujuh UMKM asal Kota Mojokerto diekspor ke Turki untuk dilakukan tes market bersama dengan 14 produk UMKM binaan Oke Oce Ina Makmur Kota/Kabupaten Mojokerto pada tahun lalu.

Diharapkan, hal ini menjadi langkah awal meningkatkan kemajuan UMKM di Indonesia khususnya UMKM Kota Mojokerto, sekaligus menjadi salah satu pendukung dalam peningkatan perekonomian di Indonesia. (bas, oke)

baca juga :

Arif Fathoni Jadi Calon Kuat Ketua DPD II Golkar Surabaya

Redaksi Global News

Risma Kukuhkan 100 Paskibraka HUT ke-72 RI

nasir nasir

PSBB Jilid III Usai, Pemkab Gresik Gelar Apel Perdana dengan 7 OPD

Redaksi Global News