Global-News.co.id
Mancanegara Utama

PBB Sebut 240 Warga Sipil di Ukraina Jadi Korban, 64 Tewas

PBB melaporkan sedikitnya 64 warga sipil tewas dan lebih dari 160.000 mengungsi setelah pasukan Rusia menyerbu Ukraina pekan ini

ZURICH (global-news.co.id) – Badan bantuan PBB melaporkan bahwa sedikitnya 64 warga sipil tewas dan lebih dari 160.000 lainnya mengungsi setelah pasukan Rusia menyerbu Ukraina pekan ini.

“Hingga 26 Februari pukul 17.00 waktu setempat OHCHR (Kantor PBB untuk HAM) mengumumkan sedikitnya 240 warga sipil menjadi korban, termasuk setidaknya 64 orang tewas,” demikian laporan Kantor Koordinasi untuk Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA).

OCHA menambahkan, jumlah korban yang sebenarnya kemungkinan “jauh lebih banyak.”

Kerusakan pada infrastruktur sipil menyebabkan ratusan ribu orang tidak mendapatkan aliran listrik atau air.

Ratusan rumah rusak atau hancur, sementara jembatan-jembatan dan jalanan dihantam oleh tembakan mortir yang menyebabkan sejumlah komunitas tidak dapat mengakses pasar, katanya.

Laporan itu mengutip badan pengungsi PBB yang mengatakan lebih dari 160.000 mengungsi ke wilayah lain di dalam negeri dan lebih dari 116.000 orang terpaksa menyelamatkan diri ke negara-negara tetangga.

“Badan-badan PBB dan mitra kemanusiaan untuk sementara terpaksa tidak beroperasi lantaran situasi keamanan yang semakin parah,” kata OCHA.

“PBB dan mitranya mempertahankan kehadiran mereka di seluruh negeri dan tetap berkomitmen untuk bertahan di lapangan serta merespons keperluan kemanusiaan yang terus bertambah dan risiko perlindungan begitu situasinya memungkinkan.” (rtr, ant, ins)

baca juga :

ITS Siap Gelar UTBK 2020 dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Ingatkan Warga Antisipasi DBD, Kerawanannya Tidak Kalah Dibanding Corona

Redaksi Global News

Bhakti Sosial, Polresta Sidoarjo Beri Santunan ke 50 Anak Yatim Piatu

Redaksi Global News