Global-News.co.id
Kesehatan Mataraman Utama

Pasien Covid-19 Tulungagung, Sebagian Besar Belum Pernah Vaksin

Sebagian besar pasien di Tulungagung belum melakukan vaksin

TULUNGAGUNG (global-news.co.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung mengungkapkan, sebagian besar kasus Covid-19 yang kembali muncul dalam beberapa pekan terakhir menginfeksi warga yang belum pernah menjalani vaksinasi sama sekali.

“Ini menunjukkan bahwa warga yang belum vaksin rentan terpapar Covid-19,” kata Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Tulungagung, Didik Eka, Kamis (17/2).

Ia mencontohkan, data kasus Covid-19 yang dilaporkan pada Sabtu (12/2), yang tercatat ada 24 pasien dirawat di rumah sakit rumah sakit darurat Covid-19, beberapa juga ditangani di RSUD dr. Iskak Tulungagung dan RS Bhayangkara.

“Dari 24 pasien yang dirawat terdiri dari dua orang sudah mendapat vaksin dosis pertama, enam orang dosis kedua dan sisanya belum mendapat vaksin sama sekali,” paparnya.

Gejala yang dialami masing-masing pasien juga berbeda-beda. Pasien yang sudah divaksin rata-rata bergejala ringan, sementara pasien yang belum vaksin dampak yang dialami lebih berat.

Menurut dia, vaksinasi memang tak bisa menghalangi seseorang terpapar Covid-19, namun setidaknya gejala yang diterima lebih ringan atau bisa menjadi kebal.

“Warga yang belum vaksin sebaiknya segera vaksin, yang sudah dosis 1 segera (vaksinasi) dosis 2, dan yang sudah mendapat dosis 2 segera (vaksinasi) dosis 3,” kata Didik.

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, perbandingan pria dan wanita yang terpapar Covid-19 hampir seimbang, yakni wanita 51 persen dan pria 49 persen. Namun, ada tiga jenjang umur yang menjadi kelompok rentan Covid-19.

“Ranking tertinggi pada usia 51-59 tahun atau disebut pre-lansia. Kemudian disusul dengan usia 61-69 tahun dan usia 41-49 tahun,” kata Didik.

Untuk mendorong partisipasi aktif warga dalam mengikuti vaksinasi itu, Dinkes Tulungagung aktif melakukan sosialisasi dan persuasi.

Selain itu, partisipasi lembaga lain seperti TNI/Polri maupun kalangan swasta dalam memfasilitasi vaksinasi Covid-19 sangat membantu dalam mendongkrak capaian target, seperti yang sudah diproyeksikan.

Seperti vaksinasi massal untuk 5 ribu warga dari berbagai kalangan yang digelar dalam rangka harlah NU di UIN Sayyid Ali Rahmatulloh, Jumat (18/2). (ntr, tua)

baca juga :

Antisipasi Omicron, Banyuwangi Perketat Pengawasan Warga Lakukan Perjalanan dari Luar Kota

Redaksi Global News

Walau Kalah, Teja Paku Alam Hargai Perjuangan Tim

Redaksi Global News

Liga Korea: Media Korea Ramai Bahas Lonjakan Megawati

Redaksi Global News