Global-News.co.id
Sport Utama

Ketum KONI Jatim Minta POSSI Siapkan Regenerasi Atlet Cabor Selam

Pengurus Provinsi POSSI Jawa Timur

SURABAYA (global-news.co.id) –
Dua kali pelaksanaan PON terakhir diwarnai prestasi maksimal oleh cabang olahraga (cabor) selam. Masing-masing pada PON XIX 2016 di Jabar dan PON XX 2021 di Papua, berhasil menjadi juara umum cabor selam.

Keberhasilan itu harus dipertahankan dan jangan sampai Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim terlena dan terlambat regenerasi atlet. Hal itu dikatakan Ketua Umum KONI Jatim, M Nabil saat membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) POSSI di Surabaya, Sabtu (26/2).

Menurut M Nabil, POSSI Jatim yang telah memberikan kontribusi dua kali berturut-turut di PON dan harus dibangun mulai sekarang. Sebuah tradisi menjadi juara umum yang kedua.

Maka, lanjutnya, pengurus, pelatih dan atlet sudah harus berpikir bahwa ini kontribusi tidak hanya berhenti di Indonesia tapi kontribusi untuk internasional. Karena itu harus ada pelatihan dengan inovasi yang baru untuk mempertahankan prestasi paling tidak yang bisa dipertahankan.

M Nabil menegaskan, yang lebih penting lagi tidak boleh ada kekosongan generasi-generasi peselam lapis kedua yang sudah dipersiapkan dan tidak boleh terlambat.

“Regenerasi atlet tidak boleh terlambat dan harus ada kesinambungan, persiapan-persiapan bagi mereka atlet yang sudah purna harus segera melakukan regenerasi, selain itu juga mengidentifikasi kekuatan daerah lain,” kata Ketum KONI Jatim.

Sedangkan Ketua Umum Pengprov POSSI Jatim, Mierza Muttaqien, mengatakan, POSSI Jatim sampai saat ini sudah menyiapkan atlet-atlet lapis kedua untuk mengganti peselam senior.

Dikatakan, prestasi atlet-atlet selam yang dua kali PON di Jabar dan Papua cukup membanggakan tersebut harus dipertahankan di PON XXI di Sumut dan Banda Aceh 2024 mendatang.

”Kami juga akan memantau atlet-atlet yang akan turun di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, yang digelar di empat kabupaten yakni Bondowoso, Jember, Situbondo dan Lumajang, akan melahirkan peselam-peselam handal bagi Jatim,” kata Mierza. (kmf, ins)

baca juga :

2020, Bank Jatim Raup Laba Bersih Rp 1,49 Triliun

Titis Global News

Temui Wapres, Khofifah Bahas Peringatan HUT Ke-78 Muslimat NU

Redaksi Global News

Milo Senang Menang Atas Arema FC