Global-News.co.id
Politik Utama

Hasil Survei SSC, 70,7% Emak-emak di Jatim Puas Kinerja Wagub Emil Dardak

Hasil survei menyebutkan, Kepuasan Emak-emak di Jatim terhadap kinerja Wagub Emil Dardak cukup tinggi.

SURABAYA (global-news.co.id) – Kepuasan emak-emak terhadap kinerja Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak cukup tinggi, sebesar 70,7%. Selisih tipis dengan kepuasan terhadap kinerja Gubernur Khofifah Indar Pawaransa sebesar 69,1%. Hal ini diungkap oleh Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) Ikhsan Rosidi berdasarkan dari hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya.

“Ini yang menarik, emak-emak di Jatim lebih mengapresiasi kinerja Wagub Emil Dardak dibandingkan dengan Gubernur Khofifah. Meski selisihnya tipis,” kata Ikhsan Rosidi, Rabu (23/2).

Hasil survei menunjukkan kepuasan emak-emak terhadap kinerja Gubernur Khofifah sebesar 18,4% mengaku kurang puas, sebanyak 5,7% tidak puas dan 4,7% tidak tahu. Sementara kepuasan emak-emak terhadap kinerja Wagub Emil Dardak sebanyak 15,3% kurang puas, 8,2% tidak puas dan 5,8% tidak tahu.

Secara keseluruhan, emak-emak juga menilai perkembangan Jatim selama dipimpin duet Khofifah-Emil sebanyak 56,3% semakin baik, 34,5% sama saja, 7,6% semakin buruk dan 1,6% tidak tahu.

Ikhsan Rosidi menilai koresponden yang semuanya wanita bisa dimaklumi lebih mengapresiasi lawan jenis, apalagi jika yang diidolakan dikenal merakyat, kapabel dan memiliki penampilan menarik.

Untuk diketahui sebaran responden berdasarkan wilayah yakni Arek 28%, Pandalungan 24%, Mataraman 26,6%, Pantura Barat 11,2% dan Madura 10,2%. Sedangkan sebaran generasi koresponden usia 39-58 tahun (generasi X) sebesar 47,8%, usia 25-38 tahun (generasi Y) 38,9%, usia 17-24 tahun (generasi Z) 2,4% dan usia 59 tahun ke atas sebesar 10,9%.

Ketua Parpol Populer
Nama Emil Dardak juga menjadi pimpinan parpol yang populer di mata emak-emak. Dari hasil riset popularitas pimpinan parpol yang dilakukan oleh SSC, diketahui jika Emil Elestianto Dardak paling populer di mata emak-emak. Sementara, ketua Parpol lainnya seperti Kusnadi dan Anwar Sadad masih kalah dengan Pimpinan Parpol yang juga Wakil Gubernur Jatim ini.

Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior SSC Surokim Abdussalam berdasarkan dari hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya. “Emil, Kusnadi, dan Anwar Sadad bersaing ketat secara popularitas yang menyasar responden dari kalangan emak-emak,” kata Rokim, Rabu (23/2).

Di survey Popularitas Pimpinan Parpol, Emil memuncaki hasil dengan capaian 76,2 persen. “Kemudian baru disusul Kusnadi dengan hasil perolehan 26,8 persen. Sementara Anwar Sadad memeroleh 23,8 persen”, imbuhnya.

Lebih lanjut Rokim menyebutkan ada beberapa nama lainnya yang muncul seperti M Sarmuji dengan perolehan 20,4 persen, Abdul Halim Iskandar dengan 17,4 persen, Mundjidah Wahab dengan 11,5 persen.

“Nama-nama lain masih di bawah 10 persen, di antaranya Sri Sajekti Sudjunadi dengan 9,7 persen, Iwan Setiawan dengan 7,7 persen, Ahmad Rizki Sadiq dengan 6,7 persen, Muhammad Mirdasy dengan 5,6 persen, Anton Setiaji dengan 5,2 persen, Yunianto Wahyudi dengan 4,4 persen, Teguh Cahyadin dengan 3,7 persen, Muhammad Masduki dengan 2,7 persen, Suryono dengan 2,5 persen, dan Daniel Y Lowu ada 2,1 persen”, urainya.

Hanya saja, pria yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini mengatakan meski meraih popularitas sebagai pimpinan Parpol yang bisa dibilang bagus, tokoh-tokoh di atas tidak boleh terlalu berbangga diri. “Pasalnya, masih ada nama-nama dengan popularitas cukup tinggi, di antaranya ada M. Sarmuji 20,4 persen dan Abdul Halim Iskandar dengan perolehan 17,4 persen. Ini pesaing yang bisa jadi mengungguli secara popularitas,” pungkas Rokim.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari 1-10 Februari 2022 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (tis)

baca juga :

Amankan Kebutuhan Idul Adha 1444 H, Pertamina Jatimbalinus Tambah 1,5 Juta Tabung LPG 3 Kg

Redaksi Global News

Irwan Setiawan Resmi Gantikan Arif HS Pimpin PKS Jatim

Redaksi Global News

DPRD Pamekasan Antisipasi Harga Tembakau 2024 Turun

gas