Global-News.co.id
Mataraman Nasional Utama

Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Gencarkan Nandur Mangrove

Gubernur Jatim Khofifah, saat melakukan penanaman mangrove di Pantai Watumejo Mangrove Park, Desa Kembang, Kab. Pacitan, Sabtu (19/2).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, terus mendorong berbagai pihak untuk mempercepat target pengurangan emisi karbon gas rumah kaca guna menghadang laju perubahan iklim. Salah satunya, yakni melalui gerakan menanam atau nandur mangrove.

Khofifah mengatakan, besarnya potensi kawasan mangrove di Jatim menjadikan kegiatan penanaman pada ekosistem mangrove sangat penting dalam mendukung mitigasi perubahan iklim dan pemasan global yang akan memberi dampak luas terhadap kehidupan masyarakat.

“Saya mengajak seluruh pihak baik bupati/walikota, BUMN/BUMD dan lembaga masyarakat lainnya untuk ikut andil melakukan rehabilitasi lahan kritis dan ekosistem mangrove dengan melakukan penanaman mangrove. Tidak hanya menanam, tapi juga ikut merawat mangrove,” kata Khofifah, saat melakukan penanaman mangrove di Pantai Watumejo Mangrove Park, Desa Kembang, Kab. Pacitan, Sabtu (19/2).

Menurutnya, kehadiran tanaman mangrove ini diharapkan mampu melindungi pantai dari abrasi, energi gelombang tsunami, dan memperbaiki habitat pantai serta ekosistem pesisir pantai. Selain itu, hilirisasi dari produk mangrove bisa dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar pesisir.

“Di bawah mangrove itu ada kepiting dan udang yang hidup di sana. Jadi nelayan tidak perlu jauh-jauh mencari ikan, bisa di sekitar mangrove. Kemudian hilirisasi produk mangrove ini sangat banyak sekali dan ini tentunya bisa memberikan kehidupan kesejahteraan bagi para nelayan dan masyarakat pesisir,” ujar orang nomor satu di Jatim.

Pada tahun 2021, jelas Khofifah, Pemprov Jatim telah melakukan penanaman mangrove seluas 42,75 hektar atau sebanyak 136.600 batang di Kabupaten Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Selain penanganan pada ekosistem mangrove, Pemprov Jatim juga melaksanakan rehabilitasi pada lahan kritis melalui penganggaran APBD dilaksanakan pembangunan hutan rakyat seluas 1.281 hektar atau sejumlah 568.250 batang bibit penghijauan.

Pada tahun 2022 ini, rencananya rehabilitasi ekosistem mangrove melalui Pemprov Jatim seluas 95 hektar dan UPT KLHK kurang lebih seluas 1.250 hektar.

Lebih lanjut disampaikan, salah satu wujud komitmen ini juga dilakukan dengan diterbitkannya Surat Edaran Gubernur Jawa Timur No. 522/367/123.5/2022 dan 522/368/123.5/2022 tanggal 31 Januari 2022 kepada BUMN/BUMD/BUMS, Lembaga Masyarakat serta Bupati/Walikota, untuk turut andil dalam kegiatan rehabilitasi lahan kritis dan ekosistem mangrove di Jawa Timur.

“Dalam SE itu, para pihak dapat menyampaikan data pelaksanaan kegiatan penanaman yang dilakukan ke Dinas Kehutanan Provinsi Jatim dalam rangka efektivitas pendataan capaian rasio tutupan hutan dan lahan di Jawa Timur,” kata Khofifah.

Seperti diketahui, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) pada 13 Oktober 2021 lalu meluncurkan Peta Mangrove Nasional (PMN) tahun 2021 di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta.

PMN tahun 2021 merupakan baseline kondisi kawasan mangrove terkini yang dapat dijadikan dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan dalam rangka pengelolaan ekosistem mangrove.

Berdasarkan PMN tahun 2021 tersebut, luas mangrove eksisting di Jatim merupakan yang terluas di Pulau Jawa, yakni mencapai 27.221 hektar atau sekitar 48% dari luas total mangrove eksisting di Pulau Jawa dengan luas potensi habitat mangrove di Jawa Timur mencapai 51.577 hektar.

Berdasarkan hal tersebut, Gubernur Khofifah kembali menegaskan, gerakan menanam dan merawat mangrove harus dilakukan secara masif oleh berbagai pihak di Jatim.

“Pokoknya nandur dan  merawat. Seperti di sini sebetulnya banyak mangrove tapi banyak juga yang tidak terawat. Apa yang kita tanam hari ini untuk ekosistem alam tentunya berguna bagi masa depan anak cucu kita,” ajaknya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah bersama Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, jajaran Forkopimda Kab. Pacitan serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim melaksanakan penanaman mangrove bersama masyarakat sekitar. Sekaligus menyerahkan bantuan bibit mangrove 1.000 batang kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Jangkar Segoro Kidul. (fan)

baca juga :

Pelatihan Digital Marketing, Jembatani Pelaku Usaha Mikro Yang Terkendala Pemasaran Saat Pandemi

Polres Madiun Ungkap Kasus Pembuatan SIM Palsu dan Pembobolan Mesin ATM

gas

Tambahan dari Santri Temboro Asal Malaysia, Kasus Corona di Magetan Naik

Redaksi Global News