Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Erupsi Semeru, Warga Terdampak Terima Donasi dari OJK dan FKIJ

Bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru sampai saat ini terus mengalir, termasuk dari OJK dan FKIJK

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru sampai saat ini terus mengalir. Kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menerima donasi senilai Rp185.200.000 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJ) Malang Raya serta Tugu Media Group.

Donasi diterima secara simbolis oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Lumajang, Teguh Widjayono di lobi Kantor Bupati Lumajang, Jumat (11/2).

Teguh menyampaikan apresiasi atas pertisipasi OJK, FKIJ serta Tugu Media Group dalam membantu korban bencana erupsi. “Kami sampaikan aperseasi atas partisipasi panjenengan semua yang telah menyalurkan dana untuk membantu masyarakat terdampak erupsi,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Teguh, nantinya donasi peduli Semeru tersebut akan masuk melalui satu pintu ke rekening Baznas Lumajang.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun melalui Baznas Lumajang per 10 Febaruari 2022, total dana yang sudah terkumpul tercatat Rp43.569.201.486. “Jadi setiap donasi yang masuk, ini nanti akan dimasukkan ke rekening Baznas,” kata dia.

Sementara itu, kepala Otoritas Jasa Keuangan Malang Raya, Sugiarto Kasmuri, menerangkan, donasi tersebut merupakan hasil penggalangan dana dari FKIJ serta ikatan pegawai OJK untuk membantu warga Lumajang yang terdampak erupsi.

“Dana yang terkumpul Rp185.200.000 sebagian kita akan salurkan melalui Baznas untuk membantu percepatan huntara, kemudian sebagian kita berikan dalam betuk logistik sejumlah 200 paket,” kata dia.

Donasi dari Tebuireng

Donasi untuk warga terdampak Erupsi Gunung Semeru masih terus berdatangan. Kali ini donasi datang dari Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT).

Bantuan juga datang dari Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT)

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang menerima donasi tersebut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih, ini bentuk kasih sayang untuk kami di Kabupaten Lumajang,” ungkapnya usai menerima donasi di Peringgitan Pendopo Arya Wiraraja, Kabupaten Lumajang (10/2).

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengaku bersyukur karena di balik bencana yang terjadi ada banyak bantuan yang datang dari semua pihak, baik bantuan tenaga maupun donasi. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk gotong-royong dan kasih sayang untuk masyarakat Lumajang.

Cak Thoriq pun menyampaikan bahwa saat ini penanganan pasca bencana fokus pada relokasi pembangunan hunian sementara dan hunian tetap.

“Fokusnya kita relokasi, membangun hunian sementara, hunian tetap dan fasilitas sosial, sekarang sudah ada 120 Huntara dan 97 Huntap,” ujarnya.

Sementara Afif Abdul Rokhim, Direktur LSPT menyampaikan kedatangannya bertujuan menyerahkan amanah donasi dari warga Pesantren Tebuireng.

“Tujuan kami menyampaikan salam pak kyai dan menyerahkan sedikit donasi dari warga Tebuireng yang berhasil kita kumpulkan di lembaga sosial Tebuireng,” ujarnya. (kmf, uja)

baca juga :

Wabah Meluas, PKS Jatim Aktifkan GENTA COVID-19

Redaksi Global News

Atasi Banjir Sampang, Gubernur Khofifah Bersama Tim Kementerian PUPR Lakukan Koordinasi Percepatan Normalisasi Sungai Kemuning

Redaksi Global News

Ezra Walian Menguji Kemampuan Diri di Laga Internal