Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Erupsi Semeru, Tagana Batu Kirim Logistik untuk Dapur Umum Dinsos Jatim

Tagana Kota Batu mengirimkan bantuan logistik untuk mendukung kegiatan Dapur Umum (DU) Tagana Dinsos Jatim di Lumajang

KOTA BATU (global-news.co.id) – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu kembali mengirimkan bantuan logistik untuk mendukung kegiatan Dapur Umum (DU) Tagana Dinsos Jatim di Lumajang. Dukungan logistik untuk pengungsi korban erupsi Semeru ini dikirimkan ke DU Sumberurip, Pronojiwo dan DU Penanggal.

Koordinator Tagana Kota Batu, Simon Purwo Ali, menyatakan, pihaknya mengirimkan logistik berupa sayuran ini dua hari berturut-turut, yakni Rabu dan Kamis (2-3/2).

“Kegiatan ini merupakan hasil koordinasi dan sinergi bersama banyak pihak, tentu ini menjadi penting untuk mendukung kegiatan sosial kemanusiaan,” kata Simon.

Dia melanjutkan, sejumlah pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, yakni Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kelurahan Temas dan Paguyuban Pedagang Sayur Pasar Kota Batu.

Dalam sinergi tersebut, berbagai macam sayuran pun berhasil mereka kumpulkan dan dikirimkan ke Lumajang. Di antaranya, kol sebanyak 200 kilogram, terong 300 kilogram, sawi daging 250 kilogram, sawi putih 350 kilogram, bawang, cabai, dan bumbu dapur lainnya.

Mengenai kiat suksesnya menjalin sinergi dengan pihak lain, Simon yang juga mantan Koordinator Tagana Jatim ini menjelaskan, butuh jiwa respek terhadap aksi kemanusiaan dan punya emosi kuat untuk berbuat.

“Penunjang penting lainnya adalah kelihaian membangun sinergi, menjalin kerjasama dengan donatur, komunikasi, dan koordinasi,” katanya.

Dia menuturkan, komunikasi dan koordinasi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Salah satu tujuannya, agar objek bantuan yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan. (kmf, dns)

baca juga :

Tiga Gadis Tewas Tenggelam di Waduk Cerme Kidul

Redaksi Global News

ITS Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SKMP

Titis Global News

Pamor Suu Kyi, ARSA dan Isu Terorisme

Redaksi Global News