Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Erupsi Semeru, Bupati Ingin Bantuan untuk Pemenuhan Huntara bagi Warga Terdampak

Donasi untuk warga terdampak erupsi Semeru masih berdatangan, termasuk dari Baznas Sumsel dan Denpasar

LUMAJANG (global-news.co.id) Bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru masih berdatangan. Kali ini bantuan datang dari Baznas Kota Denpasar dan Baznas Provinsi Sumatra Selatan diterima secara simbolis oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Kantor Bupati Lumajang, Senin (14/2).

“Terima kasih sudah datang ke Kabupaten Lumajang. Saya bersyukur, ini meskipun musibah dan kita prihatin, tapi banyak yang membantu, banyak relawan yang datang, Presiden datang, Menteri juga datang,” ujar Bupati Lumajang.

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah berkonsentrasi pada pembangunan dan pemenuhan kebutuhan huntara (hunian sementara). Pembangunan huntara saat ini sudah menunjukkan progress. Sementara, untuk fasilitas penunjang masih dalam proses, seperti pemenuhan listrik dan air bersih.

Terkait bantuan, Pemerintah Kabupaten Lumajang merekomendasikan sejumlah lembaga zakat untuk mengumpulkan donasi dari masyarakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Denpasar, Fery Hendrik, menyampaikan keprihatinannya kepada Kabupaten Lumajang yang dalam sekali waktu terdampak dua bencana, yaitu Covid-19 dan Erupsi Gunung Semeru.

“Kami menyampaikan keprihatinan melihat Lumajang terkena dobel musibah yaitu Covid-19 dan bencana erupsi Semeru. Ini menjadi keprihatinan bersama, menjadi kita bersatu saling membantu,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menghimpun donasi dari para muzakki yang ada di Denpasar dan sekitarnya untuk diberikan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Sementara, Perwakilan Baznas Provinsi Sumatera Selatan, Hendra mengatakan, bantuan yang diberikan sudah kedua kalinya. Ia pun berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dan meringankan beban masyarakat terdampak.

“Ini sudah kali kedua, ini kami serahkan kepada Baznas Lumajang, semoga ini bisa mejadi berkah untuk kita semua, semoga bermanfaat untuk warga terdampak erupsi,” kata dia. (kmf, lmj)

baca juga :

Perpus Plosorejo Blitar Berlomba ke Tingkat Nasional

Redaksi Global News

Personel Hilang, KSAL Minta Pencarian Tanpa Batas Waktu

Rofiq

Putra Mahkota UEA Jadi Dewan Pengarah Ibukota Baru

Redaksi Global News