Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mancanegara Utama

Ekspor Dua Juta Mobil, Presiden: Bukti SDM Indonesia Berkualitas

Tangkapan layar – Presiden Joko Widodo melepas ekspor perdana mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ke pasar Australia, Selasa (15/2).

JAKARTA (global-news.co.id) – Indonesia kini memiliki sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi yang baik atau berkualitas. Hal itu, dapat diukur melalui keberhasilan mengekspor sebanyak dua juta unit mobil ke negara-negara lain.

“SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor,” kata Presiden Joko Widodo dalam kegiatan melepas ekspor dua juta Unit Toyota yang ditayangkan secara virtual pada Selasa (15/2).

Menurut Presiden, memproduksi kendaraan yang diperuntukkan bagi kegiatan ekspor merupakan hal yang cukup sulit. Karena, harus memenuhi standarisasi yang cukup ketat yang harus dipenuhi oleh perusahaan terkait.

Dari mulai segi keselamatan kendaraan, uji emisi, hingga mesin sangat diperhatikan dengan ketat. Semuanya itu, mendapatkan perhatian yang sangat ketat dari instansi maupun perusahaan dari negara tujuan ekspor.

“Memproduksi mobil harus sangat teliti, cermat, dan hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” kata Jokowi.

Kecuali itu, hal yang membuktikan kualifikasi SDM semakin baik juga dapat diukur dari lonjakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Yang kini telah mencapai lebih dari 75 persen yang terkandung dalam produk kendaraan tersebut.

Dari mulai sparepart, aksesoris, hingga komponen mesin dalam kendaraan itu telah mampu diciptakan oleh SDM dalam negeri. “Senang juga bahwa kandungan lokalnya TKDN sudah lebih dari 75 persen,” tutur Presiden.

Sejumlah indikator itu, semakin memperkuat bahwa kualifikasi SDM dalam negeri semakin baik dari waktu ke waktu. Dengan begitu, produk mobil yang dihasilkan itu dapat bersaing dengan produk keluaran negara lain.

“Produk ekspor itu akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil,” kata Presiden Joko Widodo. (ip, ins)

baca juga :

Pemkot Surabaya Pastikan Stok Vaksin Booster Tersedia

Ribuan Nakes di Malang Prioritas Terima Vaksin

Redaksi Global News

16 Provinsi Tunjukkan Penurunan Kasus COVID-19

Redaksi Global News