Global-News.co.id
Secangkir Kopi Utama

Ekonomi Kreatif Jatim

SESUAI dengan perkembangan zaman, khususnya teknologi telah membuka peluang bisnis. Terutama di sektor ekonomi kreatif di kalangan di Jawa Timur (Jatim). Di sektor ini telah melahirkan pekerjaan baru yang tak sedikit, dan ini merupakan peluang yang potensial bagi kawula muda, khususnya di provinsi ini.

Keberadaan sektor ini perlu mendapat sokongan dari berbagai kalangan, khususnya dari pemrintah. Dengan harapan dapat menumbuhkan lapangan kerja baru yang pada akhirnya berdampak kepada perekonomian secara keseluruhan. Dengan demikian dapat menekan atau sebagai bentuk upaya menekan angka pengangguran dan pemulihan ekonomi.

Lebih penting lagi, sektor ini dapat mendorong inovatif dalam mendorong ekonomi kreatif dan pemulihan ekonomi. Tentang ini Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak optimis bahwa ekonomi kreatif dapat menjadi tonggak penyokong ekonomi Jatim. Pasalnya, di Indonesia sendiri termasuk Jatim di dalamnya, sektor ekonomi kreatif menyumbang 20 juta lapangan kerja utamanya di masa pandemi.

“Kita tentunya melihat bahwa Jawa Timur harus serius menggarap ekonomi kreatif, karena nilai tambah terbesar yang bisa menyediakan lapangan kerja adalah ekonomi kreatif,” ungkap Emil Dardak panggilan akrab Wagub Jatim otu dalam talkshow peringatan Hari Jadi Gerakan Ekonomi Nasional ke-3 di Gedung Kesenian Jakarta pada Sabtu, 5 Januari 2021.

Ada yang berkaitan dengan pariwisata, ada juga yang memang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang membutuhkan ekonomi kreatif, dari mulai makanan siap saji dan lainnya.

Generasi muda, dapat menjadi lokomotif ekonomi kreatif di Bumi Majapahit. Pasalnya, generasi muda kini banyak bersentuhan langsung dengan teknologi dan memahami seluk-beluk perkembangan industri kreatif. Di Jatim gerakan ini tidak hanya bertumpu pada pemerintah saja tetapi sebenarnya ada penggerak di tengah masyarakat yang benar-benar melakukan terobosan-terobosan, di antaranya pemuda.

Melihat kondisi tersebut, Pemprov Jatim diharapkan dapat memfasilitasi potensi anak muda dengan program 100 titik kreatif yang rencananya akan dirintis di Jawa Timur. Pemerintah harus memberi ruang, dikreasikan dengan program-program pemerintah yang ada, dalam waktu dekat ada program 100 titik kreatif yang mana beberapa titik kreatif ini akan dirintis di Jawa Timur.(*)

baca juga :

Hadapi Barito Putera, Persija Bertekad Akhiri Seri 2 dengan Kemenangan

Redaksi Global News

Badai Covid-19 Juga Dialami Persik, Enam Pemainnya Terpapar

Redaksi Global News

Ingin Manfaat Lebih untuk Ummat, PCC Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Lembaga

gas