Global-News.co.id
Nasional Utama

Bus Pariwisata Tabrak Tebing di Bantul, 13 Orang Tewas

Bus pariwisata nahas yang menghantam talud tebing

JOGJAKARTA (global-news.co.id) –  Sebuah bus pariwisata terlibat kecelakaan tunggal di kawasan Bukit Bego, Kedungbueng, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DI Jogjakarta, Minggu (6/2). Sebanyak 13 orang dinyatakan meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

“Penumpang (bus) berjumlah 42 sama kru, untuk MD (meninggal dunia) ada 13, untuk lainnya mengalami luka-luka,” kata Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryanta di lokasi kejadian, Minggu (6/2).

Data tersebut diperoleh dari hasil pendataan kepolisian di rumah sakit tempat para korban meninggal maupun luka dievakuasi, antara lain RS Panembahan Senopati, RS Nur Hidayah, dan RS PKU Bantul.

Kecelakaan yang menimpa bus bernomor polisi AD 1507 EH itu diketahui terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Sisi kanan bus tampak mengalami rusak berat karena menghantam talud bukit.

Sopir bus sendiri disebut selamat dari kejadian ini meski mengalami patah tulang. Polisi menduga ia tak menguasai medan jalan, sehingga kecelakaan terjadi.

“Dugaan kurang menguasai medan, mungkin rem kita pastikan berfungsi dengan baik atau tidak,” tutur Maryanta.

“Kita juga memberi dugaan rem kurang maksimal pada saat itu jalan menikung, dari arah bawah juga ada kendaraan mungkin sopir berusaha menyelamatkan itu membanting ke kanan menabrak tebing,” sambungnya.

Polisi juga mengambil sejumlah komponen bus untuk diidentifikasi. “Kita ambil speedometer-nya, kecepatan sekira 40 km/jam. Sementara kami ambil untuk melihat kecepatannya,” lanjut dia.

Informasi sementara yang dihimpun kepolisian, bus tersebut berasal dari Solo yang hendak menuju Pantai Parangtritis dari arah hutan pinus. (cnn, ins)

baca juga :

Warung Gratis di Masjid Cheng Hoo Gua China

gas

Hadapi Persebaya, Borneo FC Upayakan Happy Ending

Redaksi Global News

Khofifah Sampaikan Duka Cita dan Kunjungi Keluarga Korban Hanyut Terbawa Arus Sungai di Sampang

Redaksi Global News