Global-News.co.id
Sport Utama

Borneo FC Junior Cup 2022, Pesut Etam Poles Talenta Belia

Borneo FC ingin memiliki talenta muda melalui even Borneo FC Junior Cup 2022.

SAMARINDA (global-news.co.id) – Borneo FC berinisiatif melakukan pembinaan usia dini dengan menyelenggarakan turnamen bertajuk Borneo FC Junior Cup 2022. Agenda tersebut diselenggarakan sejak dua hari lalu dan berakhir besok (28/2) di GOR Segiri.

Terdapat 12 tim yang mengikuti Borneo FC Junior Cup 2022, yakni PFA Sukoharjo, Loa Janan Akademi, Gubah Balikpapan, Samarinda Kota, RMK Utama Akademi, FU 15 Akademi, Tunas Kurnia Persipal, GMK Kukar FC, Pemuda Tenggarong, Akademi Berau Marine, Samaras FC, dan Telkom Balikpapan FC.

COO Borneo FC, Ponaryo Astaman, menjelaskan, turnamen ini merupakan salah satu perayaan ulang tahun Borneo FC yang ke-8. “Yang kedua juga ini merupakan awal dari program Borneo FC untuk program youth development, kami sebagai klub mengagendakan ada youth development mulai tahun ini,” kata Ponaryo.

Selain itu, Ponaryo menjelaskan turnamen ini juga digunakan sebagai pencarian bakat untuk tim Borneo FC.

Sementara itu, Direktur Akademi Borneo FC, Firman Utina, menjelaskan, turnamen tersebut diselenggarakan untuk mewadahi para Sekolah Sepak Bola (SSB) di Samarinda.

“Harapan kami mengadakan turnamen, karena kita belum diizinkan untuk melakukan liga jangka panjang, maka kita buat lima hari sistemnya turnamen atau festival. Harapan kami untuk memberikan wadah atau panggung buat SSB yang ada di Samarinda atau Kalimantan,” kata Firman.

Lebih lanjut, Firman mengungkap, banyak SSB yang antusias karena turnamen tersebut tujuannya untuk menuju Elite Pro Akademi dan Piala Soeratin.

Pasalnya, Borneo FC yang sudah memiliki badan hukum sendiri diwajibkan mengirimkan tim di Piala Soeratin di tiga kategori usia, yakni U-13, U-15, dan U-17. Sedangkan pada Elite Pro Akademi di dua kategori usia, yakni U-16 dan U-18.

“Ini semua diberikan untuk panggung kepada anak-anak kontestan yang ada di Samarinda, tetapi masih ada SSB yang belum memahami hal itu,” tambah Firman.
“Tapi tak masalah, pelan-pelan dengan adanya kita buat Borneo FC Junior Cup 2022 ini, melihat animonya seperti apa,” ungkapnya.

Harapannya, dengan adanya Borneo FC Junior Cup 2022 ini, bukan hanya untuk festival semata, tetapi juga untuk edukasi kepada orangtua, para pemain, dan bahkan pelatih.

Rencananya pada hari ini pihaknya akan melakukan edukasi. “Akhirnya konsep ini dipenuhi, akhirnya terjadilah pada ajang pertama ini Borneo Junior Cup 2022,” katanya. (lib, beo)

baca juga :

Minggu Kedua September, Bendungan Gongseng Mulai Diisi Air

Redaksi Global News

3 Juni : Tambah 1.301 Kasus, Pasien Positif COVID-19 di Indonesia Capai 60.695 Orang

Redaksi Global News

Pantau Arus Mudik, Kapolresta Sidoarjo Cek Pos Pam dan Pos Yan Lebaran

Redaksi Global News