Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Berdayakan UMKM, Pemkot Surabaya dan Hipmi Berkolaborasi

Walikota Surabaya Eri Cahyadi beraudiensi dengan pengurus Hipmi Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) berkolaborasi dalam upaya penguatan dan pemberdayaan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Pahlawan, Jatim.

“Silakan munculkan kegiatan apa, sehingga itu bisa membuat pengangguran di Surabaya berkurang dan UMKM naik kelas. Kami siap dukung,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat menerima audiensi pengurus Hipmi Kota Surabaya di Balai Kota, Rabu (23/2).

Eri menyambut baik sejumlah gagasan yang disampaikan Hipmi Surabaya. Bahkan, Pemkot Surabaya siap mendukung penuh kegiatan yang nantinya dapat berdampak terhadap ekonomi masyarakat.

Ia menegaskan, di masa kepemimpinannya, pihaknya tidak ingin bekerja hanya berdasarkan teori. Untuk itu, ia berharap kegiatan yang digagas itu mampu menunjukkan hasil nyata dan bermanfaat bagi pelaku UMKM, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Misal kegiatan yang bisa menarik pekerja sekian, terus hasilnya nanti seperti ini. Kami berharap Hipmi yang diisi anak-anak muda ini bisa membuat lapangan kerja sehingga pengangguran jadi berkurang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Surabaya, Muhammad Luthfy, mengatakan, ada beberapa program yang dibahas dalam audiensi bersama Walikota Eri Cahyadi di antaranya mengenai pengembangan UMKM.

Selain itu, Luthfy menyebut ada pula rencana kegiatan yang bakal diadakan Hipmi dengan mengundang investor nasional untuk datang ke Kota Surabaya. Agenda ini rencananya diadakan Mei 2022 atau saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya.

“Jadi kami akan mengundang beberapa UMKM untuk dibina. Terus kami undang investor untuk menginvestasikan, mengambil para UMKM ini menjadikan bukan hanya skala kota, tapi skala nasional. Insyaallah kita juga undang beberapa menteri,” kata dia.

Ia juga menyatakan, pihaknya siap mendukung Pemkot untuk melakukan kurasi produk-produk UMKM Surabaya agar layak dijual. Sehingga, produk UMKM nantinya tak hanya dijual di Kota Pahlawan, tapi juga di rest area menuju Surabaya.

“Jadi bisa menjadi bagian dari oleh-oleh Surabaya, kami arahkan ke sana dan kami kurasi. Kalau yang produk kelasnya unggulan, kami kategorikan UMKM kelas A. Kalau produk UMKM kelas B, itu kami akan upgrade ke kelas A,” katanya. (pur)

baca juga :

Walikota Sumpah 500 PNS Mengabdi Layani Masyarakat

Redaksi Global News

Gelandang PSIS Optimistis Bisa Atasi Macan Kemayoran

Redaksi Global News

Jumlah SMA/SMK untuk Pembelajaran Tatap Muka Ditambah

Redaksi Global News