Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Benahi MPP Siola, Walikota Eri Utamakan Kenyamanan 

Walikota Surabaya Eri Cahyadi ketika mengunjungi dan berkeliling di MPP Siola, Jumat (18/2).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya terus berupaya memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat Kota Pahlawan. Oleh karena itu, Walikota Surabaya Eri Cahyadi langsung mengunjungi Mall Pelayanan Publik (MPP) Siola, Jumat (18/2).

Walikota Eri berkeliling untuk melakukan pengecekan kualitas pelayanan publik. Sebab, ia akan segera membenahi Mall Pelayanan Publik Siola, agar lebih mempermudah warga yang hendak mengakses pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) hingga mengurus perizinan.

Pertama, ia melakukan pengecekan di lantai tiga Gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Kedua menuju Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP), hingga menuju ke lantai dasar.

“Kalau ada orang yang ingin jalan-jalan dan mengurus KTP ke Surabaya, bisa datang ke Siola dan dalam waktu satu hari harus jadi. Ini yang saya siapkan, tempat pelayanannya pun harus nyaman,” kata Eri.

Terkait klinik investasi yang berada di gedung DPM&PTSP,  ia meminta nantinya setiap orang datang di Kota Surabaya sudah mengetahui lokasi yang tepat untuk Central Business District (kawasan pusat bisnis), pengembangan perdagangan, hingga lokasi industri strategis.

“Jadi saya minta ada informasi visual melalui video, agar orang yang datang itu sudah tidak perlu bertanya lagi dan yang menjelaskan adalah orang yang memang mengerti terkait bagaimana mengembangkan Kota Surabaya,” kata dia.

Ia juga menginginkan, warga Surabaya nantinya bisa menjadi bagian dari UMKM dengan membuat usahanya sendiri. Seperti alat bangunan, pembuatan paving dan lainnya, agara APBD Kota Surabaya tahun 2022 nanti bisa difokuskan pada ekonomi kerakyatan.

“Saya ingin masyarakat bisa merasakan bahwa ekonomi kerakyatan yang ada di Surabaya ini berjalan. Termasuk menggerakkan UMKM itu pelayanannya seperti apa, contoh dengan melakukan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha),” ujar dia.

Walikota Eri juga tak menyangka, pelayanan yang tersedia di MPP Siola sangat cepat dan memudahkan warga dalam mengurus adminduk maupun perizinan usaha.

“Alhamdulillah dengan adanya perubahan pelayanan, tadi warga mengatakan bahwa jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat dari tahun kemarin. Mereka semua merasa nyaman dan merasa cepat mendapat pelayanan,” ungkap dia.

Menurut dia, hal ini jauh berbeda dengan tahun  sebelumnya. Sehingga, ia berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Tapi memang saya punya prioritas, yakni perizinan dan adminduk terlebih dahulu. Saat ini sudah mulai berjalan semuanya,” kata dia.

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan pada pelayanan kesehatan, yakni akan mengunjungi puskesmas dan rumah sakit. “Tetapi juga harus di imbangi dengan koreksi dari warga, agar kami dapat melakukan evaluasi,” ungkap dia.

Salah satu warga Kecamatan Siwalankerto, Liem Mei Nio Mudji Muliani mengaku sangat puas dengan pelayanan yang ada di MPP Siola. Sebab, surat perizinan usaha yang ia buat langsung selesai, tanpa harus menunggu lebih lama.

“Saya mengurus perizinan membuat usaha dan ternyata sangat mudah sekali, sangat cepat. Jadi saya tidak menyangka kalau surat izin itu langsung jadi,” kata dia. (pur)

baca juga :

Forum Smart City: Pemkot Surabaya Pamerkan Aplikasi Pelayanan Publik

Sambut Harjasda ke-164, Gowes Bareng Bupati Sidoarjo

Redaksi Global News

Turunkan Stunting, Puskesmas Diminta Lakukan Promotif Secara Masif

Redaksi Global News