Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Waspada, Kejahatan Siber Makin Marak

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim, Dr Hudiono M.Si ketika memberikan paparan.
SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur, merilis ada 60 kasus penipuan online di Jawa Timur, selain masih maraknya penyebaran informasi hoax selama setahun 2021. Merujuk dari pengungkapan data Sub Direktorat V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda) Jawa Timur, kasus yang terbesar diantaranya adalah kasus Skimming (kejahatan yang bertujuan mencuri informasi dan data pribadi) dan Judi Online hingga Pinjaman Online Illegal.
Hal ini disampaikan Dr. Hudiyono, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Prov. Jawa Timur,  yang juga sebagai anggota Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur (YPWJT), yayasan kampus Stikosa – AWS, sebagai pemateri Kuliah Umum bertajuk Big Data and Contemporery Media, bersama Lutfil Hakim, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, di ruang Multi Media kampus Stikosa – AWS, Senin (3/1/2022).
Kuliah Umum tersebut  berlangsung sekitar 3 jam, juga dihadiri Ketua Dewan Pembina YPWJT, Dr. H. Suprawoto, M.Si., Bupati Magetan Jawa Timur, dan Drs. Eko Pamuji, M.Si., Sekretaris PWI Jawa Timur.
Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, ketika memberikan paparan kuliah umum bertajuk Big Data & Contemporery Media di kampus Stikosa AWS.
Dalam Kuliah Umum di Stikosa – AWS , Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, lebih jauh mengajak Stikosa – AWS  bekerjasama memerangi kejahatan digital siber media, dengan melakukan asesmen teknologi informasi dan komunikasi melalui akses Satu Data atau Big Data Jawa Timur, yang berasal dari input data digital dari instansi pemerintah, data media dan media sosial (medsos).
Data warehouse yang diproses oleh Dinas Kominfo Jawa Timur dari pengumpulan data, proses dan analisis dibagi menjadi Structured Data dan Unstructured Data (text, image dan video). Sehingga Single Sign On menjadi output Big Data Jawa Timur, yang dapat diakses masyarakat untuk memperoleh informasi dan data yang dibutuhkan.
Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim sepakat bahwa hoax dan kejahatan Siber Media wajib diberantas dan dipersempit ruang geraknya di era industri 4.0 digital media.
“Yang perlu dipahami masyarakat, unggahan konten informasi di media sosial jauh berbeda dengan unggahan konten berita yang diproduksi para jurnalis,” ungkap Lutfil Hakim.
Sementara itu, Ketua STIKOSA-AWS, Dr Meithiana Indrasari, S.T., M.M. mengatakan, kuliah tamu seperti ini sangat bagus untuk membekali para mahasiswa agar mereka lebih paham dunia jurnalistik dari para praktisinya. Banyak hal menarik dan tidak didapat di kampus, melainkan diperoleh dari para praktisi.
“Ini cara kami untuk meningkatkan kualitas mahasiswa agar kelak menjadi SDM andal di bidangnya masing-masing,” kata Mei. (fan)

baca juga :

Pemkot Cairkan Jaspel 10.477 Pendidik TPQ dan Sekolah Minggu Surabaya

Redaksi Global News

Maksimalkan Pelayanan Warga, Pegawai Kelurahan di Surabaya Tingkatkan Kompetensi

Redaksi Global News

Tapaki Seri 3, Persipura Targetkan Poin Sebanyak Mungkin

Redaksi Global News