Global-News.co.id
Metro Raya Nasional Utama

Walikota Eri Beri Tips Penanganan Rob untuk Gubernur Bangka Belitung

Walikota Surabaya bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan berkeliling di kawasan pesisir Kota Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) –
Walikota Surabaya bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan berkeliling di kawasan pesisir Kota Surabaya, mulai dari Sentra Ikan Bulak, Rumah Pompa dan Wisata Air Mancur di Jembatan Suroboyo, Jumat (7/1). Kepada Gubernur Erzaldi, Walikota Eri menjelaskan, penanganan banjir rob di pesisir Kota Pahlawan.

Gubernur Erzaldi tak sendiri, ia didampingi jajaran Forkopimda dan pimpinan DPR Bangka Belitung. Setelah mengunjungi beberapa lokasi tersebut, Walikota Eri menjelaskan beberapa tips pencegahan banjir rob kepada Gubernur Erzaldi.

Di antaranya menggunakan tanggul penahan air sebagai pemecah ombak dan rumah pompa di sepanjang pesisir. Tanggul pemecah ombak itu dibuat dengan cara sederhana, yaitu dari karung yang diisi pasir dan batu, kemudian disusun menyerupai tanggul.

“Kita sama-sama belajar dengan Pak Gubernur tadi. Begitu pula dengan kami (Kota Surabaya) juga belajar dengan Pak Gubernur terkait dengan penanganan banjir rob,” kata Walikota Eri.

Ia menuturkan, dalam penanganan banjir rob juga butuh kolaborasi. Oleh karena itu, tim dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya nantinya akan dikirim ke Provinsi Bangka Belitung untuk belajar soal penanganan banjir rob.

Walikota Eri menjelaskan beberapa tips pencegahan banjir rob kepada Gubernur Erzaldi

“Pastinya akan kami bentuk tim dan sowan (berkunjung) ke Bangka Belitung. Apa yang sudah diterapkan oleh Pak Gubernur di sana, mungkin nanti bisa diterapkan di Surabaya. Begitu sebaliknya, karena antar daerah itu bukan untuk persaingan, tapi saling berkolaborasi” ujar Walikota Eri.

Di samping itu, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi mengatakan, Kota Surabaya layak dijadikan sebagai kota percontohan untuk diterapkan di kabupaten/kota Bangka Belitung. Karena, ia menjelaskan, kabupaten/kota di wilayah kerjanya kebanyakan adalah kawasan pesisir.

“Kita ke sini untuk belajar. Karena penanganan rob di Surabaya itu sangat menarik dan murah, tentunya bermanfaat untuk masyarakat seperti direklamasi menjadi sebuah taman. Itu sangat berbeda dengan yang ada di Bangka Belitung, sekadar sebagai pemecah ombak, namun manfaat untuk masyarakat tidak ada,” kata Gubernur Elzardi.

Setelah berkunjung selama kurang lebih 30 menit di kawasan pesisir Surabaya, Gubernur Erzaldi bersama rombongan bertolak. Sebelum bertolak ke Bangka Belitung, ia menyampaikan, tips dan trik dari Walikota Eri segera aplikasikan di kabupaten/kota di Bangka Belitung.

“Pasti akan kita implementasikan segera. Artinya, Surabaya ini layak sebagai kota percontohan. Seperti yang dijelaskan oleh Pak Wali tadi, pemerintah dalam membangun kota tidak bisa sendiri. Kita harus bekerja sama dengan CSR perusahaan swasta, kabupaten/kota lain dan seluruh stakeholder,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Cegah Penyebaran Covid-19, Walikota Eri Cahyadi Imbau Warganya Tidak Mudik

Titis Global News

Gadis Prancis Itu Kejar Cinta Sang Pengamen

Redaksi Global News

Kakak Menkopolhukam Mahfud MD Wafat, Gubernur Khofifah Takziah ke Rumah Duka

Redaksi Global News