Global-News.co.id
Politik Utama

Wagub Emil Ajak Perangkat Desa Prioritaskan Kesejahteraan Pedesaan

Wagub Jatim Emil Dardak saat menghadiri Munas Persatuan Perangkat Desa Indonesia IV Sabtu (8/1)

PASURUAN (global-news.co.id) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengajak kepala dan perangkat desa kian meningkatkan kesejahteraan masyarakat di rural area atau kawasan perdesaan.

Pasalnya, menurut Wagub yang akrab disapa Emil itu, bentuk keadilan tertinggi yang dapat diberikan oleh pemimpin adalah kesejahteraan masyarakat.

“Saat orang bicara soal kemajuan, jarang sekali membahas kemajuan desa. Padahal, kemajuan dan kesejahteraan desa adalah dua hal yang penting. Orang-orang harus bisa tinggal di desa tetapi bisa tetap maju dan cerdas. Bentuk keadilan paling mutlak adalah kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam Musyawarah Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia ke-IV, Sabtu (8/1) di Taman Candra Wilwatikta Pasuruan.

Dalam hal ini, ia optimistis kepala desa beserta jajarannya dapat menyejahterakan rural area dengan semangat gotong royong. Utamanya melalui keguyuban, kerukunan, dan kekompakan yang masih kental di antara masyarakat desa.

Emil mengatakan, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), perangkat desa harus mengedepankan kesejahteraan masyarakat dengan penuh integritas.

Mantan Bupati Trenggalek itu mencontohkan, ini dapat dicapai salah satunya dengan penerapan konsep kota-kecamatan.

Menurut Emil, di antara desa-desa di suatu daerah akan ada satu kecamatan
dilengkapi dengan fasilitas serta infrastruktur yang mendukung dan baik. Di kecamatan ini, akses terhadap layanan harus mudah didapatkan dan lokasinya dekat dengan desa-desa di sekitar.

Tak hanya itu, jelas Emil, pemasangan kabel fiber optic untuk internet dan percepatan digitalisasi juga dilakukan oleh Pemprov Jatim untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

“Ada 67% desa di Jatim sudah punya fiber optic sebelum Covid-19. Digitalisasi juga selalu kita genjot sehingga tidak perlu pergi ke kota untuk memanfaatkan teknologi dan koneksi internet,” ujarnya.

Emil juga memastikan Pemprov Jatim akan selalu memfasilitasi perangkat-perangkat desa dalam upaya mereka menyejahterakan masyarakat. Ia juga mendukung PPDI sebagai wadah yang dapat menjadi forum pemersatu perangkat-perangkat desa di Indonesia.

Emil menekankan, perlindungan dan dukungan senantiasa diberi oleh Pemprov Jatim kepada perangkat desa karena merekalah yang ada di garda terdepan pembangunan Indonesia.

Sejalan dengan Wagub Emil, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Yusharto Huntoyungo, mendukung penuh adanya wadah seperti Musna PPDI sebagai forum berpendapat dan menyampaikan aspirasi perangkat desa untuk menyejahterakan masyarakat.

“Kami menyambut baik upaya ini untuk menjadikan kinerja perangkat desa lebih baik. Juga sebagai forum menyampaikan aspirasi tentang kondisi dan harapan-harapan dari perangkat desa kepada supradesa yang ada di seluruh Indonesia, baik dalam tingkat pemerintah kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi,” ujarnya. (jnr, ins)

baca juga :

Disorot, Silpa Proyek Infrastruktur Capai Rp 73 Miliar

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Pantau Vaksinasi Booster Ribuan Buruh

Redaksi Global News

Pemerintah Diminta Jelaskan Syarat Wajib PCR bagi Penumpang Pesawat

Redaksi Global News