Global-News.co.id
Sosok Sport Utama

Shalika Aurelia, Pesepakbola Wanita Indonesia Pertama yang Tembus Eropa

BEK Timnas Indonesia, Shalika Aurelia, resmi bergabung dengan klub Liga Italia Wanita, Roma CF.

SHALIKA Aurelia Viandrisa
menjadi pesepakbola wanita pertama Indonesia yang berkarier di Eropa.
Kepastian itu didapat setelah Shalika resmi menandatangani kontrak dengan klub Serie B Liga Italia Wanita, Roma Calcio Femminile (CF).

Hal itu terungkap dari unggahan Shalika di akun Instagramnya @shalika.aurelia pada Sabtu (8/1) sore WIB. Dalam unggahan tersebut bek Timnas Wanita Indonesia itu mengaku senang bisa memulai karier profesional di kasta kedua Liga Wanita Italia.

“Langkah pertama di Eropa. Bangga untuk mulai bermain di klub ini di Serie B Italia,” tulis Shalika dalam unggahannya di Instagram.

Shalika yang lahir di Jakarta, 1 Agustus 2003 itu memulai perjalanan karier sepakbola dari masa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan antar-sekolah.

Shalika bersekolah di SMP Al-Jabr Jakarta Selatan itu pernah mengikuti turnamen Piala Coca Cola and Greenfields dari U-12 hingga U-14. Setelah itu, Shalika sempat berhenti bermain sepakbola karena mencoba menekuni golf.

Namun, kecintaannya terhadap sepakbola membuatnya kembali fokus ke dunia si kulit bundar. Shalika kemudian memperdalam ilmu olah si kulit bundar di Sekolah Sepak Bola (SSB) Astam dan Pro Direct Academy Indonesia pada 2017.

Shalika juga pernah membela Timnas Wanita Indonesia U-16 pada 2017-2019 dan Tim PON DKI Jakarta. Dia juga pernah menjalani trial di klub Liga Inggris West Ham United Women 2019 dan klub Jerman Bayern Munchen Women pada 2021.

Kini, pemain berusia 18 itu pun tengah tergabung bersama Timnas Wanita Indonesia untuk persiapan ke Piala Asia Wanita 2022 yang dimulai pada 20 Januari di India. (cnn, ins)

baca juga :

Pemprov Jatim Terima 1.000 Paket Sembako dari MenkumHAM Serta Alat Kesehatan Buatan Warga Binaan Lapas

Redaksi Global News

Calon Perorangan Tinggi, KPU Jatim Tunggu Penyerahan Syarat Dukungan

Redaksi Global News

Erick Thohir Rampingkan BUMN, Janji Minimalisir PHK

Redaksi Global News