Global-News.co.id
Malang Raya Utama

Safari Cheng Hoo ke PP Sabilurrosyad dan PP An-Nur I Malang

KH. Marzuki Mustamar (tengah, baju batik) berpose bersama dengan rombongan Safari Cheng Hoo.
MALANG (global-news.co.id)  – Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim bersama Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) melanjutkan Safari Silaturrahim ke daerah Malang. Sabtu (8/1/2022), rombongan melakukan silaturrahim ke Pondok Pesantren (PP) Sabilurrosyad, Gasek, Karangbesuki, Malang dan PP An-Nur I Bululawang, Malang.
Rombongan PITI Jatim dan YHMHI tersebut di PP Sabilurrosyad diterima langsung oleh pengasuh pondok, yakni KH Marzuki Mustamar yang juga Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur periode 2018-2023. Sementara di PP An-Nur I diterima langsung juga oleh pengasuhnya, yakni Dr. KH. Ahmad Fahrur Rozi Burhan.
Rombongan dari PITI-YHMCHI, yakni H. Haryanto Satryo (Ketua PITI Jatim), H.M. Luckyanto Suhalim (Kabid Organisasi dan Hukum PITI Jatim), H.A. Nurawi (Ketua Umum YHMCHI), H. Mamun Hasan (salah seorang Dewan Pendiri YHMCHI), Ustad Haryono Ong (Tamir Masjid Cheng Hoo Surabaya), A. Subiantoro (Sekretaris II YHMCHI), H. Erfandi Putra (Media YHMCHI) dan Zainal Mustofa (Seksi PHBI Masjid Cheng Hoo Pandaan).
KH Marzuki ketika menerima rombongan tersebut mengucapkan selamat datang ke PP Sabilurrosyad. Semoga Safari Silturrahim ini membawa keberkahan kepada kita semua. Ketika diminta wejangannya, KH Marzuki berharap agar para mualaf muslim Tionghoa senantiasa menjaga tali silaturrahim.
Dr. KH. Ahmad Fahrur Rosi Burhan (tengah, baju hitam) berpose bersama rombongan Safari Cheng Hoo.
“Saya berharap agar saudara-saudara saya menjalankan Islam dengan benar. Dan jangan lupa untuk menjaga tali persaudaraan dengan saudara-saudara lainnya,” kata KH Marzuki.
Sebagai mualaf, Kata KH Marzuki, sudah barang tentu mempunyai pilihan sendiri dalam beragama, yakni Islam. Meski kita mempunyai pilihan dalam beragama, tetapi kita tetap harus berbaur dengan orang lain.
“Kita harus menghormati tetangga. Berbaur tetap dalam keyakinan, keyakinan tetap dalam pembauran,”kata KH Marzuki.
Setelah melakukan silaturrahim ke PP Sabilurrosyad, rombongan melanjutkan Safari Silaturrahim ke PP An-Nur I diterima langsung oleh pengasuhnya, yakni Dr. KH. Ahmad Fahrur Rozi Burhan.
“Saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan saudara-saudara saya dari Cheng Hoo. Semoga kunjungan ini lebih memperarat tali persaudaraan diantara kita,” kata KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan.
H.A. Nurawi, pimpinan rombongan mengatakan, Safari Silaturrahim ini merupakan yang kedua. Senin (27/12/2021) lalu, rombongan mengunjungi Ponpes Bumi Shalawat dan diterima langsung oleh pengasuhnya Gus Ali. Ini merupakan program YHMCHI dengan tema Safari Silaturrahim Cheng Hoo. Kunjungan ini, merupakan yang ke dua dengan mengunjungi dua pondok pesantren di Malang.
“Selanjutnya, kami akan mengunjungi sejumlah Ponpes lainnya dan sejumlah ulama,” kata H.A. Nurawi.
Dia mengatakan, dalam safari ini bertujuan silaturrahim. “Kami-kami yang ada di PITI Jatim dan YHMCHI ingin tukar pikiran. Terutama bagaimana memajukan Cheng Hoo ke depannya. Bagaimana pula, cara memakmurkan masjid. Dan ini merupakan program yang tertunda. Seharusnya berlangsung pada tahun 2020, karena pandemic covid-19, baru kali ini kita bisa merealisasikannya,” kata H.A. Nurawi. (H. Erfandi Putra)

baca juga :

PT Pertamina Lubricants Berperan Aktif Ciptakan Wirausaha Baru Melalui Program Enduro Student Program

Redaksi Global News

Arus Balik Lebaran, Pengemudi Bus Terminal Purabaya di Tes Urine

Pemerintah Sanggupi Penambahan Anggaran Rp 1,36 Triliun untuk Pilkada Lanjutan

Redaksi Global News