Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

Renovasi Rumah Terdampak Gempa Tahun Lalu di Lumajang Segera Dimulai

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau rumah warga di Desa Kaliuling, Kecamatan Pronojiwo yang terdampak bencana gempa bumi

LUMAJANG (global-new.co.id) –
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau rumah warga di Desa Kaliuling, Kecamatan Pronojiwo yang terdampak bencana gempa bumi tahun lalu (20/1).

Turut serta dalam kunjungan yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, Kalak BPBD Kabupaten Lumajang, Patria, dan Forkopimca Tempursari beserta Kades Kaliuling.

Kunjungan Bupati Lumajang tersebut terkait rencana percepatan dalam pembangunan hunian tetap yang ada di Desa Kaliuling dan beberapa desa lain yang terdampak bencana gempa tahun lalu.

“Hari ini, saya ke Desa Kaliuling Tempursari dan beberapa Desa di Kecamatan Pronojiwo, untuk persiapan pembangunan rumah yang terdampak bencana gempa tahun lalu. Insyaallah minggu depan sudah dimulai pembangunan rumah dan proses pemberian bantuan bagi rumah yang rusak berat atau rusak sedang maupun rusak ringan,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Lumajang berharap ada percepatan untuk pembangunan hunian tetap yang ada di Desa Kaliuling dan beberapa desa lain yang ada di Kecamatan Pronojiwo yang tahun lalu terdampak bencana gempa. Beberapa titik yang akan dimulai dengan memprioritaskan warga Lansia yang tinggal di hunian sementara.

Dijelaskan, nantinya juga akan ada mekanisme ganti rugi yang rumahnya mengalami kerusakan sedang maupun ringan dengan tahapan verifikasi yang bersamaan dengan pelaksanaan pembangunan hunian tetap.

“Ada yang rusak berat, sedang dan rusak ringan. Kita juga masih mempertimbangkan terkait rumah warga yang mengalami kerusakan sangat ringan untuk menjadi bagian dari intervensi dengan solusi yang terbaik,” ujarnya. (lmj, uja)

baca juga :

Pertamina Kembali Salurkan Rp 2,7 Miliar untuk Pengembangan UMKM

Redaksi Global News

SEA Games 2021: Indonesia Sapu Bersih Empat Emas Panahan

Emil Dardak Jabat Plt Ketua Partai Demokrat Jawa Timur

Redaksi Global News