Global-News.co.id
Metro Raya Utama

PT Maspion Serahkan Aset di Jl. Pemuda No. 17 Senilai Rp 200 Miliar kepada Pemkot Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) –  Aset Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang lokasinya di Jalan Pemuda 17 (sisi timur Alun-alun Suroboyo)  diserahkan secara sukarela oleh PT Maspion kepada Pemkot Surabaya.  Nilai aset ini sekitar Rp200 miliar.
Proses penyerahan aset itu dilakukan di Kantor Kejati Jatim disaksikan langsung oleh Muhammad Dofir, Kepala Kejati Jatim, beserta seluruh jajaran Kejati Jatim, Rabu (26/1/2022). Pada saat itu Pemkot Surabaya juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Kajati Jatim.
Dalam kesempatan itu Muhammad Dofir mengatakan bahwa Kejati Jatim berhasil lagi menyelamatkan aset milik Pemkot Surabaya yang ada di Jalan Pemuda 17. Nilai aset itu diperkirakan sekitar Rp200 miliar, karena memang tempatnya sangat representatif.
“Penyerahan secara sukarela ini dari Pak Alim Markus (Direktur Utama PT Maspion) kepada Pemkot Surabaya. Berarti kami sudah berhasil menyelamatkan aset baru dan penggunaannya sepenuhnya tergantung Pak Wali Kota,” katanya.
Dia meminta agar  aset  itu bisa segera dimanfaatkan. Sebab, kalau tidak segera dimanfaatkan yang rugi adalah masyarakat Surabaya. Apalagi, di sana sekarang tumbuh rumput-rumput yang sangat mengganggu pemandangan, sehingga dia mengaku sangat bersyukur sudah ada kesepakatan dan ada penyerahan kepada Pemkot Surabaya. “Kami sangat bersyukur dan sangat senang,” katanya.
Sementara itu,  Eri Cahyadi, Walikota Surabaya, juga mengaku sangat bersyukur aset di Jalan Pemuda nomor 17 sudah diserahkan dengan legowo oleh PT Maspion kepada Pemkot Surabaya dibantu Kajati Jatim beserta jajarannya. Sebelumnya, lanjut dia, untuk aset di Jl.  Pemuda 17 itu Pemkot Surabaya menang di Pengadilan Negeri tapi kalah di PTUN, sehingga kalau ini diteruskan, sampai 15 tahun pun tidak akan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umat.
“Tapi Alhamdulillah dengan pendampingan dari Pak Kajati Jatim beserta jajarannya, dengan pendekatan yang luar biasa, akhirnya tanah aset itu diserahkan ke pemkot, sehingga nanti pemanfaatannya ke depan akan kita minta pendampingan kembali kepada Kejati Jatim, sehingga langkah kita jelas arahnya,” kata Eri Cahyadi.
Menurut Eri, aset yang terletak di Jalan Pemuda No. 17 Surabaya itu luasnya sekitar 2.143 meter persegi dengan nilai sekitar Rp 200 miliar, karena kalau dilihat posisinya sekarang harganya permeter sekitar Rp 100 jutaan, sehingga kalau 2 ribu meter saja sudah sekitar Rp 200 miliar. Aset itu telah tercatat dalam Daftar Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Surabaya dengan Nomor Register: 12345678-1994-20230-1.
Ia juga menjelaskan bahwa tanah aset Pemkot Surabaya itu harus bermanfaat bagi kepentingan umat. Bahkan, ketika dijadikan investasi, secara otomatis investasi itu harus bisa mempekerjakan orang Surabaya dan bisa menggerakkan UMKM serta bermanfaat untuk warga Surabaya. “Jadi, siapapun yang berinvestasi, harus seperti itu syaratnya,” tegasnya.
Eri juga menyebutkan bahwa Alim Markus  adalah orang yang selalu mengedepankan kepentingan UMKM Kota Surabaya dan mempekerjakan orang-orang Surabaya. Makanya, hal itulah yang harus dikolaborasikan dengan pendekatan yang disampaikan oleh Kajati Jatim.
“Dengan cara itu, diharapkan Pak Alim Markus bisa lebih legowo menyerahkan dengan memanfaatkan kembali ke depannya untuk masyarakat Kota Surabaya,” katanya.
Direktur Utama PT Maspion Alim Markus dalam kesempatan itu hanya meminta doa restunya, karena sudah dibicarakan dengan Kajati Jatim dan juga Walikota Surabaya. “Mohon doa restu,” katanya. (ssn)

baca juga :

Longsor Susulan Terjadi di Arjosari Pacitan, Akses Jalan Tertutup

Redaksi Global News

Soal Hak Asuh Gala Sky, Keluarga Mendiang Bibi Tunjuk Pengacara

Redaksi Global News

Dekranasda Jatim Siap Fasilitasi Perajin Batik Miliki Standar dan Kualitas yang Sama

Redaksi Global News