Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Afrika, Tunisia Pulangkan Nigeria di Babak 16 Besar

Timnas Tunisia sukses kalahkan Nigeria di babak 16 besar

JAKARTA (global-news.co.id) – Tim nasional Tunisia menghentikan langkah Nigeria di babak 16 besar Piala Afrika 2021 seusai mengalahkan lawannya itu dengan skor 1-0 di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Kamerun, Minggu waktu setempat atau Senin (24/1) WIB.

Hasil itu relatif menjadi kejutan bila menilik catatan kedua tim di fase penyisihan grup. Nigeria menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih tiga kemenangan, sedangkan Tunisia hanya lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Kemenangan Tunisia disokong oleh gol semata wayang yang dicetak oleh Youssef Mkani pada menit ke-47 dengan tembakan dari luar kotak penalti demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Nigeria, demikian catatan situs resmi CAF.

Nigeria sebetulnya tampil lebih agresif sejak sepak mula, tetapi dua peluang bagus dalam 15 menit pertama gagal diselesaikan dengan baik oleh Wilfried Ndidi dan Samuel Chukwueze.

Upaya Nigeria untuk bangkit dari ketertinggalan juga menemui rintangan besar lantaran mereka harus melanjutkan pertandingan hanya dengan sepuluh pemain sejak menit ke-66 setelah Alex Iwobi menerima kartu merah seusai melanggar Mkani.

Sepuluh pemain Nigeria nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-67 sayangnya sepakan jarak dekat Moses Simon masih bisa diamankan oleh kiper Bechir Ben Said.

Tunisia berusaha memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain untuk menggandakan keunggulan mereka, tetapi peluang terbaik mereka untuk melakukannya berakhir dengan sepakan kaki kiri Ellyes Skhiri masih belum mampu melewati hadangan lini belakang Nigeria.

Kegagalan demi kegagalan juga mewarnai sejumlah upaya Nigeria untuk bangkit dari ketertinggalan sehingga skor 1-0 bagi Tunisia bertahan ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Di babak perempat final Tunisia akan menghadapi Burkina Faso yang sudah lebih dulu menyingkirkan Gabon lewat drama adu penalti. (rtr, ant)

baca juga :

Peringati HPN 2019, Pemprov Jatim Bedah Rumah Tidak Layak Huni Milik Wartawan

gas

Sebanyak 33 Kepala Desa Dilantik di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang

Redaksi Global News

Erupsi Semeru, Pemerintah Lakukan Percepatan Pembangunan Rumah bagi Warga Terdampak Bencana

Redaksi Global News