Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Afrika: Mesir Buka Peluang, Nigeria Lolos 16 Besar

Mohamed Salah (kanan) antar Mesir kalahkan Guinea Bissau. (foto: afp)

JAKARTA (global-news.co.id) –  Mohamed Salah menjadi pahlawan timnas Mesir di Piala Afrika 2022 lewat gol tunggalnya ke gawang Guinea Bissau. Sementara Nigeria lolos ke babak 16 besar.
Mesir menjaga peluang lolos dari fase Grup D Piala Afrika 2022 usai mengalahkan Guinea-Bissau di Stadion Omnisport Roumde Adjia, Minggu (16/1) dini hari WIB.

Salah yang tak mampu berbuat banyak saat Mesir dikalahkan Nigeria 0-1 di laga pertama, mencoba memperbaiki kesalahan saat melawan Bissau. Bintang Liverpool itu lebih aktif menciptakan peluang meski hanya bisa menyumbang satu gol melawan tim ‘kelas bawah’ di Piala Afrika.

Gol semata wayang Salah terjadi pada menit ke-69 lewat sepakan voli memanfaatkan umpan Amr El Solia. Pertahanan Guinea Bissau yang tampil rapat akhirnya tak bisa membendung aksi Salah.

Guinea Bissau nyaris berhasil menyamakan skor lewat Mama Balde di menit ke-82. Para pemain Mesir kemudian melakukan protes dan menganggap Balde lebih dulu melakukan pelanggaran kepada Omar Kamal sebelum cetak gol.

Situasi ini membuat wasit meninjau VAR dan akhirnya menganulir gol tersebut. Kemenangan Mesir 1-0 tak terhindarkan hingga akhir laga.

Di tempat terpisah, Nigeria berhasil mengalahkan Sudan 3-1. Gol-gol kemenangan The Eagles masing-masing disumbang Samuel Chukwueze, Taiwo Awoniyi, dan Moses Simon. Sedangkan satu gol balasan Sudah dicetak 70′ Walieldin Khedr lewat eksekusi penalti.

Hasil ini membuat Mesir naik ke peringkat kedua dengan perolehan tiga poin dari dua pertandingan. Sementara Nigeria nyaman di puncak klasemen dengan enam poin sekaligus sudah memastikan satu tempat di babak 16 besar.

Nigeria tak lagi bisa dikejar Guinea Bissau dan Sudah yang masing-masing baru mengemas 1 poin di papan klasemen. (cnn, afp, ins)

baca juga :

Sekdaprov Jatim Ingatkan Masyarakat Disiplin 3M

Redaksi Global News

Imam Shamsi Ali Jelaskan Perkembangan Terkini Pembangunan Pesantren Pertama di AS

gas

BI Dorong Pengembangan Kemandirian Ekonomi Syariah di Pesantren

gas