Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Afrika 2021, Dua Penalti Bawa Tuan Rumah Kamerun Menang di Awal

Selebriti para pemain Kamerun usai bobol gawang Burkina Faso

JAKARTA (global-news.co.id) – Dua gol dari tendangan penalti memenangkan tuan rumah Kamerun dalam laga pembukaan Piala Afrika 2021 dengan skor tipis 2-1 atas Burkina Faso di Stadion Olembe, Yaounde, Minggu (9/1) waktu setempat (Senin WIB).

Turnamen dua tahunan itu akhirnya digelar setelah tertunda satu tahun lamanya karena pandemi Covid-19, tetapi penyelenggaraan kali ini juga masih diwarnai permasalahan serupa.

Pertandingan pembukaan juga mengalami masalah serupa di mana Burkina Faso tak didampingi pelatih kepala Kamou Malo serta enam pemain yang harus absen karena dites positif Covid-19.

Kendati demikian, Gustavo Sangre sempat membungkam suporter tuan rumah ketika membawa Burkina Faso memimpin pada menit ke-24 memanfaatkan umpan sepak pojok Bertrand Traore.

Sayangnya, Burkina Faso kemudian secara ceroboh melakukan kesalahan di dalam kotak terlarang yang berujung dua hadiah tendangan penalti untuk tuan rumah, demikian catatan situs resmi kompetisi.

Penalti pertama diperoleh Kamerun setelah Andre-Frank Zambo Anguissa dijatuhkan oleh Traore di dalam kotak terlarang yang kemudian dikonfirmasi VAR dan wasit Mustapha Ghorbal.

Vincent Aboubakar sukses mengonversi tendangan penalti itu untuk membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-40.

Traore berusaha membayar kesalahannya dua menit kemudian, sayang tembakan jarak jauh penyerang sayap Aston Villa itu masih melaju tipis di sisi gawang.

Tuan rumah mendapat hadiah tendangan penalti lagi dalam injury time babak pertama ketika Issoufou Dayo melanggar Nouhou Tolo.

Aboubakar yang tetap dipercaya jadi algojo kembali sukses mengonversi tendangan penalti saat mantan penyerang Porto yang kini berseragam klub Arab Saudi Al Nassr itu mengecoh kiper Herve Koffi demi membawa Kamerun berbalik unggul 2-1.

Kedua tim tetap bermain terbuka di babak kedua tapi 45 menit dan empat menit injury time berlalu tanpa ada gol tambahan tercipta.

Salah satu peluang terbaik Burkina Faso untuk menyamakan kedudukan muncul pada menit kedua injury time melalui tembakan Mohamed Konate bisa digagalkan oleh kiper Andre Onana demi menjaga skor 2-1 hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim dijadwalkan main lagi pada Kamis (13/1) saat Kamerun menghadapi Ethiopia diikuti Burkina Faso bertemu Tanjung Verde. (ant, ins)

baca juga :

Imbas Pandemi, Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Anjlok

Redaksi Global News

Komisi C Ingatkan Pemkot Surabaya Atasi Masalah Sampah Organik

Redaksi Global News

Liga 1: Madura United Yakin Rebut 3 Poin

Redaksi Global News