Global-News.co.id
Politik Utama

Pemilu 14 Februari 2024, KPU Jatim Siap Verifikasi Faktual Parpol

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam

SURABAYA (global-news.co.id)  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur siap melakukan tahapan verifikasi faktual partai politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2024. Hal ini menindaklanjuti adanya informasi kepastian pelaksanaan Pemilu yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, mengaku saat ini para komisioner telah mempersiapkan proses tahapan Pemilu 2024. Sesuai aturan, tahapan itu dimulai 20 bulan sebelum pemilu digelar. “Tahapan awal adalah verifikasi partai politik,” kata Choirul Anam, Rabu (26/1).

Menurut Kang Anam sapaan akrab Choirul Anam, jadwal pelaksanaan Pemilu sudah dinantikan sejak lama. Dengan kepastian tanggal pelaksanaan Pemilu 2024, maka KPU sebagai penyelenggara segera menjalankan tugasnya.

Diakuinya dari segi sumber daya manusia (SDM), KPU juga sudah memenuhi kebutuhan SDM. Bahkan KPU juga sudah mempersiapkan kegiatan bimtek (bimbingan teknis) terkait tahapan Pemilu nanti. “Intinya kami sudah siap,” katanya.

Ia menambahkan, KPU Jatim bersama KPU Kabupaten/Kota di Jatim sudah melakukan pemetaan TPS hingga pemetaan daerah pemilihan (dapil).

Sekedar diketahui, Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan pemerintah sepakat jadwal pemungutan suara Pemilu DPR, DPRD, DPD serta Pilpres akan digelar pada 14 Februari 2024.

Menurut Tito, tanggal tersebut akan memberikan ruang terkait penyelenggaraan pemungutan suara Pemilu dengan Pilkada Serentak 2024 yang pemungutan suaranya bakal digelar pada November 2024.

“Untuk tanggal, kami kira dari pemerintah sepakat 14 Februari, sehingga ini akan memberikan ruang dengan adanya Pilkada Serentak (2024) yang menurut UU No 10 Tahun 2016 yang kita selenggarakan bulan November,” beber Tito dalam rapat dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1). (kmf, jtm)

baca juga :

Siap Hadapi Pesut Etam, Persib Tak Diuntungkan Kekosongan Pelatih di Borneo FC

Redaksi Global News

40 Negara Hadiri ZIF Ke-5 di Surabaya

gas

Ibu Mertua Sekda Lamongan Tewas Dibunuh, Saksi Sebut Ada Luka Bacok

Redaksi Global News