Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Menparekraf: Pergerakan Wisnus Jadi Andalan Pemulihan Sektor Pariwisata Nasional

Menparekraf, Sandiaga Uno, dalam diskusi virtual Urban Forum – Forum Wartawan Daerah (Forwada)

JAKARTA (global-news.co.id) – Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 mengakibatkan menurunnya kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman). Hingga akhir tahun 2021 kunjungan Wisman hanya mencapai 1,58 juta orang atau turun 60,98 % dibanding tahun 2020. Wisatawan Nusantara (Wisnus) pun menjadi harapan sekaligus roda penggerak pariwisata Indonesia di masa pandemi.

“Di tengah pandemi ini, terdapat secercah harapan yakni tingginya antusiasme wisatawan Nusantara yang menjadi roda penggerak geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini,” ujar Menparekraf, Sandiaga Uno, dalam diskusi virtual Urban Forum – Forum Wartawan Daerah (Forwada), Tourism & Hospitality Outlook 2022 “New Normal Saatnya Bangkit dari Tidur Pulas”, Kamis,(20/1).

Menparekraf mengungkapkan tahun 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat data pergerakan Wisnus mengalami peningkatan sebesar 12% bila dibandingkan dengan tahun 2020. Tidak hanya itu, lanjut Menparekraf, terjadi peningkatan devisa pariwisata sebesar 4% dibandingkan tahun 2020 yakni 0,32 miliar USD menjadi 0,36 miliar USD dan kontribusi PDB Pariwisata diperkirakan meningkat 37,4% dari persentase pada tahun 2020, sehingga mencapai angka 4.2% pada tahun 2021 lalu.

“Nilai ekspor produk ekraf (ekonomi kreatif) diperkirakan meningkat hingga mencapai 20,58 miliar USD dan nilai tambah ekraf pada tahun 2021 juga mengalami peningkatan sampai pada level 1,273 trilyun rupiah,” ujarnya.

Menurut Menparekraf, pergerakan Wisnus ini akan menjadi andalan dalam pemulihan sektor pariwisata nasional tahun 2022 dengan target 260 juta – 280 juta pergerakan. Diperkirakan, kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Nasional 2022 akan mencapai 4,3%. Sedikit lebih tinggi dari perkiraan capaian tahun 2021 yaitu sebesar 4,2%.

Selain itu, lanjutnya, dari sisi nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan tahun 2022 dapat mencapai 1,236 triliun. Untuk nilai ekspor produk kreatif ditargetkan mencapai USD 21,28 miliar. Sedikit lebih baik dari perkiraan capaian tahun 2021 sebesar USD 20,48 miliar.

“Dampak dari pertumbuhan itu tentunya akan memperluas jumlah lapangan kerja pada sektor parekraf. Tahun 2022 ini kita menargetkan akan tercipta 400 ribu lapangan kerja baru yang berkualitas di sektor pariwisata. Sementara di ekonomi kreatif akan tumbuh lebih dari 600-700 ribu lapangan kerja yang ditopang oleh sektor unggulan yakni kuliner, kriya, dan fashion,” ungkapnya.

Menparekraf melanjutkan, jika dilihat sisi positifnya, pandemi justru mempercepat perubahan paradigma pembangunan pariwisata dari Quantity Tourism menjadi Quality and Sustainable Tourism sebagaimana arahan Presiden pada tahun 2019.

“Kita menekankan kepada prinsip sustainable tourism yang bergantung pada apa yang kita tawarkan kepada para wisatawan sesuai tren pariwisata ke depan yaitu more personalized, customized, localized dan smaller in size,” kata dia.

Sebagian peserta diskusi Tourism & Hospitality Outlook 2022 “New Normal Saatnya Bangkit dari Tidur Pulas”, Kamis,(20/1)

Salah satu variabel penting dalam quality tourism adalah penyediaan infrastruktur pariwisata yang memadai. Wisatawan tentu akan membelanjakan dananya (spending) lebih besar untuk suatu destinasi yang berkualitas, baik dari segi 3A (atraksi, akses dan amenitas) maupun infrastruktur pendukungnya.

Soal target kunjungan Wisman tahun 2022 ini, Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,8 juta – 3,6 juta dengan nilai devisa pariwisata mencapai USD 470 juta – USD 1,7 miliar.

Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusron, menyoroti agar di tahun 2022 ini, pemerintah fokus pada industry MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Menurutnya, segmen pasar Wisnus dari perspektif hotel dan restoran MICE lebih tinggi dibanding leasure.

“Dari sisi segmen pasar Wisnus dari perspektif hotel dan restoran, pasar segmen MICE memberikan kontribusi 70%, sementara leasure, dan minat khusus dan lainnya hanya 30%,” ujar Yusron.

Ia mengungkapkan, era globalisasi dan semakin eksisnya Revolusi Industri 4.0 saat ini menjadikan prospek industri MICE semakin berkembang. Selain itu, kegiatan MICE selalu melibatkan banyak sektor dan banyak pihak sehingga menimbulkan pengaruh ekonomi ganda yang menguntungkan banyak pihak.

“Industri MICE memberikan manfaat langsung kepada ekonomi masyarakat seperti percetakan, advertising, akomodasi, usaha kuliner, cinderamata, biro perjalanan wisata, transportasi, professional conference organizer (PCO), usaha kecil dan menengah (UKM), pemandu wisata dan event organizer,” ungkapnya.

Trisnadi Yulrisman, Direktur Keuangan dan Operasional PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), menyoroti industry homestay yang bisa menjadi penggerak perekonomian di desa wisata baik desa wisata prioritas maupun non-prioritas.

Menurutnya, SMF telah melakukan inisiatif strategis produk KPR Rumah Usaha dalam bentuk program pembiayaan homestay sejak tahun 2018 dan dalam masa inkubasi hingga sekarang, program ini masih menggunakan dana PKBL/TJSL.
“Total anggaran pembiayaan homestay mencapai 20 milyar dengan realisasi hingga 2021 mencapai 7,747 milyar dengan total debitur 96,” ujarnya.

Wisnus makin banyak yang mencintai dan mengunjungi lokasi wisata lokal, yang pada akhirnya menghidupkan perekonomian rakyat 

Kehadiran SMF dalam pembiayaan homestay , lanjutnya, merupakan upaya pemerintah mendorong  pertumbuhan usaha sesuai dengan rencana pengembangan bisnis, membantu kelancaran arus kas usaha sesuai dengan perkembangan arus kas bisnis, membantu terhindar dari jeratan pinjaman dengan bunga tidak wajar dan mewujudkan kemandirian usaha.

“Saat ini kami tengah mengembangkan penyaluran pembiayaan homestay melalui mitra, seperti pihak Pemda setempat dan juga BPR,” tambahnya.

Danny Januar Ismawan, Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo  mengatakan, pengembangan jaringan telekomunikasi menjadi momen tersendiri bagi industri pariwisata yang mulai bangkit. Menurutnya, kehadiran teknologi di satu tempat bisa mendorong tumbuhnya pariwisata lokal.

“Adanya jaringan telekomunikasi di satu lokasi, membuat aktivitas pariwisata bisa hadir di lokasi itu. Misalnya dengan adanya jaringan, seseorang bisa mengambil foto untuk Instagram di lokasi,” katanya.

Saat ini Bakti Kominfo telah membangun Base Transceiver Station (BTS) di destinasi wisata prioritas antara lain di Labuan Bajo. Hingga saat ini terdapat 36 BTS eksisting, sementara 24 lokasi lainnya masih dalam proses pembangunan.

“Untuk kawasan wisata super prioritas di Kabupaten Lombok Tengah, akses internet Bakti Kominfo terdapat di 74 lokasi, sementara rencana penambahan ada di 42 lokasi,” katanya.

Sementara, Yuwono Imanto, Direktur PT Propan Raya ICC, mengungkapkan, selaku produsen cat, selama ini pihaknya telah bekerja sama dengan Kemenparekraf dalam upaya turut membantu membangun industri pariwisata.
“Kita sering melakukan kegiatan CSR seperti ajang undian desain terbaik, membangun kawasan kumuh, dan kawasan heritage bekerjasama dengan Kemenparekraf,” ungkapnya.

Menurut Yuwono, produk cat Propan tidak hanya menyasar hotel berbintang, namun juga industri homestay dengan memproduksi cat yang dengan harga terjangkau namun berkualitas ekspor.

“Produk kita memang banyak dipakai di hotel berbintang baik di dalam maupun luar negeri, namun kami juga memproduksi cat untuk rumah subsidi, dan juga untuk homestay sebagai wujud dukungan kepada industri pariwisata,” lanjutnya.

Yuwono juga mengritik adanya pelaku usaha pariwisata yang melakukan inovasi namun justru menghilangkan karakter jatidiri bangsa Indonesia. Menurutnya, sudah selayaknya sebagai orang Indonesia harus bangga dengan jatidirinya.

“Inovasi di dunia pariwisata jangan meninggalkan DNA kita, di sini kita temui resort yang menggunakan desain luar negeri, menurut saya ini tidak tepat,” katanya.

Sementara, Yuhan Subrata, pengelola Hutan Organik Megamendung, Bogor mengatakan, wisata hutan organik sempat mati suri di awal pandemi, namun sejak tahun lalu, mulai bergeliat lagi. Wisata hutan organik yang dikelolanya saat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Nusantara.

“Setiap harinya sakarang ada 10 sd 15 orang pengunjung yang datang, ini bagi kami ini cukup besar saat ini meski tidak sebanding saat sebelum pandemi,” jelasnya.

Yuhan berharap, wisatawan Nusantara makin banyak yang mencintai dan mengunjungi lokasi wisata lokal, yang pada akhirnya akan menghidupkan perekonomian rakyat di desa wisata. “Ayo dukung wisata lokal, jadikan masyarakat lokal jadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya. (jef)

baca juga :

74.878 Penumpang Terbang Selama Larangan Mudik, Trafik Tertinggi di Bandara Juanda

AJS Berbagi Takjil Bersama Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa

Redaksi Global News

Doakan Menaker Ida Fauziyah Dicopot, Massa Buruh Baca Al-Fatihah

Redaksi Global News