Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Madura Utama

Kelompok Tani Kreatif Desa Bringsang Sumenep Budidayakan Vanili

Para petani di Desa Bringsang Sumenep melakukan penyemaian benih vanilli di lahan yang disiapkan

SUMENEP (global-news.co.id) – Kelompok Tani (Poktan) Kreatif Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai membudidayakan vanili.

Ketua Poktan Kreatif Desa Bringsang, Moh. Yasin, mengatakan, budidaya vanili memang menjadi hal baru bagi Kelompok Tani Kreatif Desa Bringsang. Namun melihat kesuksesan yang telah dilaluinya membuat Poktan Kreatif lebih bersemangat. “Memang, perawatan vanili ini tidak mudah, namun semangat dan kerja sama antar anggota akan terasa mudah,” tuturnya di sela-sela memantau penanaman vanili, Kamis (27/1).

Ia berharap, dengan adanya budidaya vanili pihaknya bersama kepala desa bisa mengembangkan budidaya yang lainnya.

“Mudah-mudahan budidaya kali ini bisa sukses kembali sehingga Desa Bringsang menjadi satu-satunya desa yang bisa panen vanili di Kecamatan Giligenting,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Bringsang, Achmad Muzakki, juga berharap dengan adanya budidaya vanili yang digarap oleh Poktan Kreatif bisa menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok tani yang lainnya.

“Semoga kelompok-kelompok yang lain yang ada di Desa Bringsang bisa proaktif di dalam kelompoknya masing-masing,” kata Kades Bringsang mendampingi Ketua  Poktan saat penanaman vanili.

Dengan adanya semangat dari kelompok-kelompok yang ada, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Bringsang.

“Kelompok tani dan kelompok yang lain harus bisa aktif dalam mengembangkan kelompoknya, agar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bisa terjamin dan juga agar menjadi salah satu desa percontohan,” kata dia. (ume, kmf)

baca juga :

Risma Resmikan Gelanggang Remaja, Minta Jadikan Tempat Ibadah Multifungsi untuk Pendidikan

Redaksi Global News

Madura United Jaga Performa Tim sambil Tunggu Pelatih Baru

Redaksi Global News

Puluhan Anggota FPI Kawal Sidang Ustaz Alfian

nasir nasir