Global-News.co.id
Nasional Tapal Kuda Utama

Erupsi Semeru, DWP Dinsos Jatim Beri Layanan Psikososial Korban

Kegiatan LDP yang melibatkan 120 anak dari SDN Sumber Wuluh 02 dan TK Roudhotul Mustofa di pengungsian Kajar Kuning Lumajang, Minggu (30/1)

SURABAYA (global-news.co.id) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Sosial Jawa Timur turun langsung dalam kegiatan Jatim Sosial Care (JSC) Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dalam kegiatan ini, DWP Dinsos Jatim memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi korban erupsi Gunung Semeru, terutama yang berada di pengungsian Kajar Kuning Lumajang.

Kegiatan LDP kali ini melibatkan 120 anak dari SDN Sumber Wuluh 02 dan TK Roudhotul Mustofa. Mereka diberikan fasilitas taman hiburan mini dengan kolam renang dan jajanan secara gratis di kawasan wisata Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Pengurus DWP Dinsos Jatim Bidang Ekonomi, Rachel Yusmanu, Minggu (30/1), mengatakan, DWP Dinsos Jatim Bidang Ekonomi sangat termotivasi dengan kegiatan LDP. Terlebih saat pemberian materi kepada 50 orangtua beserta guru yang mendapatkan penyuluhan sosial guna pencegahan permasalahan sosial pada anak.

“Kegiata LDP ini bagus ya, anak-anak juga sangat menikmati. Mungkin di saat seperti ini anak-anak butuh hiburan. Selain itu penyuluhan untuk orangtua dan guru ini juga membuat mereka banyak belajar mengenai pentingnya menjaga anak sejak dini terlebih dalam penggunaan gadget yang terhubung internet,” tutur Ibu Rachel Yusmanu.

Penyuluhan untuk orangtua dan para guru ini bertemakan ‘Peran Orangtua dalam Dunia Digital’. Sebagai penyuluh, Novita Herikristanti SSos, MSi dari ISCO Foundation.

Menurut Novita Herikristanti, di era yang serba digital ini semua orang harus dituntut melek teknologi. “Penyuluhan ini bisa menambah pengetahuan atau informasi kognitif orangtua dan guru terkait dunia digital yang mungkin bahasanya agak sulit mereka pahami. Tapi dengan metode penyuluhan yang dilakukan di luar ruangan seperti ini mereka tidak tertekan dan bisa terbuka untuk berdiskusi,” kata perempuan yang akrab dipanggil Novi ini.

Tidak hanya itu, kegiatan LDP kali ini juga membantu para pedagang jajanan sekolah dan pedagang wisata di sekitar lokasi yang juga terdampak perekonomian akibat erupsi Gunung Semeru. (kmf, jtm, uja)

baca juga :

Utang Pemerintah Tembus Rp 5.258 Triliun, Melonjaknya Pembiayaan Pandemi Jadi Pemicu

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Fasilitasi Pengurusan SIUP, Dua Hari Total 320 Usaha yang Daftar

Redaksi Global News

Maret, Pemkab Sidoarjo Kebut Perbaikan Jalan dan Betonisasi

Redaksi Global News