Global-News.co.id
Gaya Hidup Mataraman Utama

Dukung Desa Wisata, Mas Dhito Bantu Perbaikan Akses Jalan ke Goa Jegles Kediri

Bupati Kediri Mas Dhito, mendukung pertumbuhan desa wisata di Kabupaten Kediri

KEDIRI (global-news.co.id) –
Bupati Hanindhito Himawan Pramana yang akrab disapa Mas Dhito, mendukung pertumbuhan desa wisata di Kabupaten Kediri. Setidaknya hingga Januari 2022 sudah ada 35 desa wisata tumbuh di kabupaten tersebut.

Saat kunjungan ke Desa Keling, Kecamatan Kepung (13/1), Mas Dhito masuk ke dalam arung membentuk goa yang konon dulunya merupakan tempat pertapaan. Oleh masyarakat setempat, arung yang dikenal dengan sebutan Goa Jegles itu dikelola menjadi tempat wisata.

“Tadi ada tempat river tubing-nya, jadi ada tempat untuk arung jeram menggunakan ban dan sebagainya. Cuma memang perlu (ditingkatkan) akses jalannya saja,” kata Mas Dhito.

Dalam mendukung desa wisata itu, Pemkab Kediri dalam waktu dekat akan melakukan pavingisasi dan perbaikan jalan utama. Aksesibilitas jalan menurut dia sangat penting, sebab kondisi jalan yang kurang bagus sangat mempengaruhi daya tarik wisatawan datang ke sana. “Tinggal regulasi Perbup untuk desa wisata nanti yang jadi PR,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, menambahkan, sejauh ini mulai banyak masyarakat yang memunculkan potensi di daerahnya dan membentuk desa wisata. Adapun jumlahnya ada 35 desa wisata di Kabupaten Kediri. “Tapi yang aktif sejauh ini sekitar delapan desa wisata,” kata dia.

Menurutnya, membangun desa wisata harus diperhatikan potensi keunikan daerah yang diangkat yang membedakan dengan daerah lain. Keunikan itu menjadikan daya tarik tersendiri bagi desa wisata sehingga banyak wisatawan yang datang. Termasuk jajanan yang dijual di wilayah desa wisata diharapkan produk lokal. (ins, kei)

baca juga :

Terpapar Covid-19, Direktur RSI Surabaya Meninggal Dunia

Redaksi Global News

Banjir Rendam Ratusan Desa di Lima Kabupaten di Jatim

Redaksi Global News

Pembangunan JLLT Diharapkan Jadi Prioritas Urai Kemacetan Surabaya Timur

Redaksi Global News