Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Dinkopumdag Surabaya Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng di Tiga Titik

Dinkopumdag Kota Surabaya menggelar operasi pasar guna mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Selasa (25/1).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya menggelar operasi pasar guna mengantisipasi adanya kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di tiga titik di Kota Pahlawan, Jatim, Selasa (25/1).

“Operasi pasar itu kami digelar di tiga kelurahan yang ada di Kecamatan Tandes,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos.

Menurut dia, di titik pertama, Dinkopumdag menyasar Kantor Kelurahan Tandes di Jl Darmo Indah Blok K No 10 Surabaya. Sedangkan di titik kedua, berada di Balai RW 05, Jl Balongsari Tama dan ketiga di Kantor Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes.

Operasi pasar yang digelar hari ini, lanjut dia, pihaknya menyediakan 85 karton/ 1.020 liter minyak goreng di Kantor Kecamatan Tandes, 85 karton/ 1.020 liter di Balai RW 05 Jalan Balongsari Tama dan 80 karton/ 960 liter di Kantor Kelurahan Manukan Kulon.

Pria yang akrab disapa Yos itu menjelaskan, operasi pasar ini sudah digelar beberapa kali di Kota Pahlawan. Bahkan sebelumnya, digelar di Kecamatan Genteng, Kecamatan Jambangan, Kecamatan Gayungan serta di Pasar Wonokromo, yang dihadiri langsung Walikota Surabaya Eri Cahyadi serta Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko RI) Airlangga Hartarto.

“Kami operasi pasar minyak goreng itu sebetulnya sudah lama, sejak minggu lalu sebelum Kemenko RI itu turun di Pasar Wonokromo, saat itu Pak Walikota juga hadir,” kata Yos.

Bahkan, Walikota Eri turun untuk kedua kalinya memantau peredaran minyak goreng di toko ritel modern pada Minggu (23/1). Pantauan ini dilakukan untuk memastikan harga minyak goreng yang beredar di Kota Surabaya tetap stabil dan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp 14.000 per liter.

Selain melakukan pemantauan stok dan harga minyak goreng di pasaran, kata dia, Dinkopumdag juga kembali menggelar operasi pasar hingga 28 Januari 2022 mendatang.

“Totalnya, hingga sekarang operasi pasar sudah digelar di 10 kecamatan lebih. Kalau sampai tanggal 28 Januari ternyata masih ada (kenaikan harga), kita gerakkan lagi,” ujar Yos.

Seperti yang dijelaskan oleh Yos sebelumnya, operasi pasar di kecamatan se-Kota Surabaya ini, bertujuan memberikan kemudahan masyarakat mendapat minyak goreng. Karena, saat ini minyak goreng di beberapa pasar dan toko ritel mulai kehabisan stok.

Untuk mendapatkan minyak goreng pada saat operasi pasar, kata dia, masyarakat dimohon agar membawa fotokopi KTP yang ditunjukkan kepada petugas kecamatan dan kelurahan. Setelah itu, per orang hanya diperbolehkan membeli minyak goreng maksimal 2 liter, dengan harga per liternya Rp 14.000.

“Kami batasi pembeliannya. Per kotak itu isinya 12 liter, di tiap kelurahan itu ada 100 kotak minyak goreng. Artinya ada 1.200 liter minyak goreng per kelurahan,” ujarnya.

Untuk mengatasi kenaikan harga minyak goreng, dia juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jatim, Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Jatim dan distributor minyak goreng.

“Kalau masih ada kenaikan harga, kami tetap gelar operasi pasar. Kami juga akan mengundang stakeholder yang berkaitan dengan minyak goreng,” katanya. (pur)

baca juga :

Minggu Besok, Surabaya Gelar Urban Cross Culture

Harga Cabai di Kediri Tembus Rp 100 Ribu per Kg

Titis Global News

Pasca PSBB Surabaya Raya Disetujui, Khofifah Kebut Pergub

Redaksi Global News