Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Dekatkan Pelayanan pada Masyarakat, Camat dan Lurah Berkantor di Balai RW

Sesuai instruksi Walikota Surabaya Eri Cahyadi, para camat dan lurah di Kota Surabaya mulai berkantor di Balai RW.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya senantiasa berinovasi mendekatkan pelayanan pada seluruh masyarakat di Kota Pahlawan. Sesuai dengan instruksi Walikota Surabaya Eri Cahyadi, para camat dan lurah di Kota Surabaya mulai berkantor di Balai RW.

Seperti yang dilakukan Kelurahan Krembangan Selatan dengan membuat inovasi dan menggelar program Ngasar atau Ngantor Ashar Nang Balai RW. Kegiatan ini digelar setiap Selasa, mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Melalui program ini, Kelurahan Krembangan Selatan menyediakan berbagai pelayanan untuk masyarakat, seperti pengambilan KIA (Kartu Identitas Anak)dan E-KTP, pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), dan konsultasi Layanan Masyarakat.

Camat Krembangan, Ario Bagus Permadi, mengatakan, pihaknya berusaha melayani dan mendekatkan diri kepada masyarakat. Sebab, pihaknya juga menyadari, tidak sedikit warga Kota Surabaya yang memiliki keterbatasan datang ke kantor kelurahan maupun kantor kecamatan.

“Jadi ada target administrasi kependudukan dan bantuan sosial yang harus kami capai, kemudian Pak Wali (Walikota Surabaya Eri Cahyadi) juga mengarahkan kami bekerja secara ikhlas dan sepenuh hati dalam melayani masyarakat,” kata Ario sapaan lekatnya, yang ditemui usai melakukan pemantauan di Balai RW 01 Jl Bubutan DKA N0 1, Selasa (11/1).

Ario mengaku, sejauh ini, pihaknya tidak mengalami kendala dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena seluruh pegawai di tingkat kelurahan dan kecamatan, telah siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Di sini kami bisa bertemu, berdiskusi, dan mendapat masukan langsung dari masyarakat. Sehingga, banyak hal baru yang kami temukan di lapangan, dan tentunya membantu kami meningkatkan pelayanan kepada warga,” ungkap dia.

Dua warga menunjukkan hasil pelayanan kelurahan/kecamatan di Balai RW setempat

Ditemui di lokasi yang sama, Lurah Krembangan Selatan, Sumadalana, menjelaskan, program Ngasar yang dibuatnya, juga dibarengi dengan program cangkrukan yang digelar setiap satu bulan sekali, yakni pada Jumat pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

“Ini inovasi dari kelurahan kami untuk mendekatkan pelayanan kepada warga dan dijadwal secara bergiliran di Balai RW. Sebelumnya, kita sudah melakukan sosialisasi kepada RT/RW terkait program tersebut,” jelas dia.

Sumadalana menerangkan, pihaknya menyediakan semua layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, tidak sedikit para warga datang adalah untuk berkonsultasi tentang cara mendapat bantuan sosial (bansos).

Salah satu warga Kelurahan Krembangan Selatan Suprihatini, yang datang berkonsultasi mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini, karena ia bisa berkonsultasi langsung dengan lurah mengenai administrasi kependudukan.

“Tadi saya berkonsultasi dengan Bu Lurah dan langsung mendapat solusi. Dengan program ini saya bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkot Surabaya, karena saya bisa mendapat pelayanan yang aman, nyaman, dan mudah,” kata Suprihatini.

Warga Kelurahan Krembangan Selatan lainnya, Sumiati mengaku mendapat kemudahan dalam mengakses pelayanan adminduk. Ke depannya, ia berharap agar program tersebut tetap tersedia, karena memudahkan masyarakat yang memiliki kendala transportasi. (pur)

baca juga :

Porprov VIII 2023 Tuntas, Sampai Jumpa di Porprov IX 2025 Malang Raya

Redaksi Global News

Pelayanan Adminduk di Surabaya, Tembus 3.000 Pemohon Sehari

Waspadai, Daerah Zona Merah Penyelenggara Pilkada 2020 Bertambah

Redaksi Global News