Global-News.co.id
Madura Utama

Ciptakan Generasi Hebat, Pamekasan Jajaki Beasiswa Studi Keluar Negeri

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan dirinya berencana membuat program beasiswa studi ke luar negeri bagi siswa Pamekasan. Sebab ini pengalaman penting untuk menciptakan generasi hebat masa depan. Karena itu dia bertekad segera melakukan sosialisasi kepada para kepala sekolah di Pamekasan.

Rencana memberikan beasiswa studi ke luar negeri itu muncul setelah audiensi antara Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITC-Center) dengan Pemkab Pamekasan di Ruang Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan, Jumat (21/1/2022). Tajuddin dari ITC Center dalam audiensi itu mempresentasikan peluang dan keuntungan studi di Tiongkok dan Taiwan.

“Kita merasa mempunyai informasi baru tentang kesempatan belajar di Tiongkok dan Taiwan yang mudah-mudahan di antara kita bisa bekerjasama. Prinsipnya apa yang disampaikan Pak Tajuddin dari ITC-Centre sudah luar biasa,” kata Baddrut Tamam.

Dia menegaskan dirinya tertarik untuk menjalin kerja sama dengan ITC-Centre agar anak-anak muda Pamekasan bisa mengenyam pendidikan di luar negeri. Baik di China ataupun Taiwan sebagaimana yang telah dipaparkan Tajuddin dari ITC-Centre.
Baddrut Tamam mengaku selama ini telah memberikan beasiswa pendidikan kepada anak muda Pamekasan yang tidak mampu dan mempunyai kemampuan memadai. Termasuk memberikan beasiswa tugas belajar S2 bagi ASN bekerja sama dengan Unair Surabaya.

“Jadi nanti kalau ada anak-anak kita yang tugas belajarnya ke Tiongkok kan juga tidak apa-apa. Jika pulang mereka nanti akan bisa cerita tentang bagaimana pemerintahan di sana yang menjadi calon negara terbesar di dunia itu,” paparnya.

Ilmu pengetahuan dan pengalaman, kata Baddrut Tamam, sangat penting dimiliki oleh anak muda Pamekasan menuju terciptanya generasi Pamekasan hebat di masa depan. Karena itu, kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri merupakan kesempatan baik demi pengembangan SDM anak anak muda Pamekasan.

Menindak lanjuti rencana program beasiswa studi keluar negeri itu, Baddrut Tamam memerintahkan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk membuat tim guna membahas kemungkinan kerjasama antara Pemkab dengan ITC-Centre.

Tim tersebut di antaranya Asisten Bidang Pembangunan dan Pemerintahan Setdakab Pamekasan, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) dan Sekretaris Daerah Pamekasan.

Baddrut Tamam menargetkan pembahasan di internal tim sudah selesai dalam satu bulan ke depan, terkait dengan pilihan kampus yang dituju, termasuk jurusan yang memungkinkan dipilih sesuai dengan kebutuhan zaman. Karena itu dia menyarankan agar tim banyak berkomunkasi dengan ITC-Centre.

“Tim juga harus mempelajari tentang perguruan tinggi yang ada di sana, baik negeri atau swasta. Baru kemudian setelah itu sosialisasi, termasuk kemungkinan anggarannya di 2023. Ini kurang awal dikit, supaya bisa di tahun 2022. Baru kemudian kemampuan APBD kita sanggup berapa,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Pemkab-DPRD Rakor Cari Solusi Tertibkan Kota Pamekasan

Redaksi Global News

Dua Ujicoba Positif, Shin Tae-yong: Timnas U-23 Masih Ada Celah Perlu Perbaikan

Redaksi Global News

Perwali 33 Tahun 2020, Ketua DPRD Minta Pemkot Surabaya Carikan Solusi Nasib Ribuan Pekerja RHU

Redaksi Global News