Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

Bupati Irsyad Yusuf, Kapolres Dan Dandim 0819 Pasuruan Cek Prokes hingga Vaksinasi dengan Naik Motor

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf , Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz maupun Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman, berangkat naik motor dari Mapolres Pasuruan

PASURUAN (global-news.co.id) – Bila Bupati Pasuruan, Kapolres dan Dandim berpatroli ke desa-desa dengan naik motor. Ya, ketiganya berhenti di sejumlah titik di Kecamatan Rembang dan Pohjentrek, Senin (24/1) pagi. Mereka berpatroli guna mengecek sekaligus menegakkan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat secara langsung.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad), Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz maupun Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman, berangkat naik motor dari Mapolres Pasuruan.

Di belakangnya, diikuti ratusan personel TNI, Polri, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan yang siap mengikuti, serta berpencar ke sejumlah wilayah lain yang tidak menjadi sasaran Bupati dan Forpimda.

Selang 20 menit dari lokasi pemberangkatan, ketiganya berhenti di lokasi SDN Sidogiri. Di sana rupanya sudah ditunggu para wali murid yang diharapkan bisa menjadi motor agar anak-anaknya yang berusia 6-12 tahun, mau divaksin.

Menurut Kapolres Erick, patroli penegakan prokes dengan motoran dinamakan “Pasukan Pamor Keris” yang merupakan singkatan dari Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat.

Dalam patroli ini, total ada 125 personel gabungan yang dilibatkan. Mulai dari anggota Polres, Kodim 0819, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Banser (Barisan Ansor Serbaguna).

Mereka siap membantu menegakkan protokol kesehatan. Mulai dari razia pemakaian masker, sosialisasi bahaya Omicron hingga percepatan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan.

“Total ada 125 personel gabungan yang kita kerahkan dalam Patroli Pasukan Pamor Keris ini. Intinya kita siap menegakkan disiplin prokes di masyarakat sekaligus percepatan vaksinasi. Mulai dari anak-anak sampai lansia,” ungkapnya.

Bupati Irsyad menegaskan, dengan patroli ini, setidaknya bisa melihat secara langsung bagaimana penerapan protokol kesehatan di masyarakat, meski kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan sangat landai.

“Saya dan Pak Kapolres maupun Pak Dandim ingin memastikan protokol kesehatan yang diterapkan sampai sekarang. Apakah tetap dilaksanakan secara istiqomah atau tidak. Dan alhamdulillah sepanjang perjalanan sampai di lokasi, semuanya memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Perihal vaksinasi di Kabupaten Pasuruan, cakupannya kini sudah mencapai 80,04% atau sebanyak 993.071 warga Kabupaten Pasuruan yang sudah divaksin dosis pertama.

Sedangkan untuk anak-anak usia 6-12 tahun, jumlah yang sudah divaksin sangat banyak, yakni mencapai 94.963 anak. Apabila diprosentasekan, maka jumlahnya sudah mencapai 64,96%.

Banyaknya anak yang sudah divaksin tak lepas dari dukungan para orangtua yang sudah memahami pentingnya vaksinasi.

Di akhir patrolinya, rombongan berhenti di Graha PCNU Kabupaten Pasuruan untuk melihat jalannya vaksinasi booster bagi para kiyai, tokoh masyarakat dan warga sekitar yang memenuhi persyaratan untuk disuntik booster. (kmf, sur)

baca juga :

302 Orang Daftar Anggota Panwascam Pilkada 2020 di Surabaya

Redaksi Global News

Walikota Eri Tanggapi Surabaya Tak Masuk “Smart City” versi IMD

Proliga 2023: LavAni Pertahankan Dua Pemain Asing

Redaksi Global News