Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

Bantu Petani Lokal, Mahasiswi Ilmu Komunikasi UK Petra Raih Gold dalam Ajang P3I

Fiona (baju putih motif) dan Priscilia (baju kuning) menunjukkan ide Campaign TikTok for Business

SURABAYA (global-news.co.id) – Dua mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih Gold dalam ajang Citra Pariwara Kategori BG Award yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) berlokasi di Jakarta.

Mereka adalah Fiona Evangeline Onggodjojo dan Priscilia Trisyanti Halim, mahasiswi Program Strategic Communication semester tujuh.

Masih dalam masa pandemi, maka kompetisi skala nasional ini dilakukan secara online. Para peserta diminta membuat campaign digital khusus untuk TikTok for Business dari sebuah brand bernama Sayur Lokal.

Sayur Lokal merupakan media para petani untuk menjual sayuran ke masyarakat, permasalahan yang dihadapi adalah keinginan mendorong masyarakat membeli sayur langsung dari petaninya secara online, dalam hal ini melalui TikTok. Peserta diminta mengumpulkan ide campaign maksimal 10 slide powerpoint dalam Bahasa Inggris.

“Sebelum kami memulai memikirkan ide campaign, kami mencari-cari insight terlebih dulu. Melalui insight yang kami dapat, kami melihat poinnya ada pada rasa kasih sayang. Maka dari itu kami mencoba mengaitkan dengan hari kasih sayang atau hari valentine,” ujar Fiona, Rabu (19/1).

Fiona dan Priscilia membuat campaign bertajuk ‘Vegelentine’, di mana orang-orang dapat mengungkapkan rasa sayang kepada keluarga maupun kerabat dengan memberikan sayur segar langsung dari petani. Melalui insight yang keduanya peroleh, menunjukkan bahwa saat ini anak-anak muda justru lebih memilih belanja online, salah satu alasannya yaitu menjaga orangtua atau orang-orang yang mereka sayangi dari virus Covid-19.

“Untuk ide kreatif, kami menggunakan #HariKasihSayur, yang diambil dari Hari Kasih Sayang. Bentuk sayang kita wujudkan dalam bentuk sayur, sayur menjadi lambang kasih sayang kita pada keluarga maupun kerabat kita. Selain karena sehat, kita juga ingin memberikan yang terbaik untuk orang yang kita sayang, sehingga sayur merupakan pilihan yang tepat,” urai Pricilia.

Keduanya juga memanfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business. Ide kreatif mereka yaitu membuat teaser berupa digital video 15 detik. Kemudian membuat video iklan dengan menggandeng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat launching.

Selain itu, ada juga aktivitas-aktivitas digital di antaranya pemakaian #HariKasihSayur dan juga game filter yang nantinya akan diarahkan ke website atau TikTok shop Sayur Lokal. Meskipun sempat kesulitan dalam mencari ide, namun keduanya membuktikan kemampuan dan kreativitasnya, serta berhasil mengalahkan 47 kelompok lainnya tingkat mahasiswa di seluruh Indonesia. (tis)

baca juga :

Komisi C Nilai Optimalisasi Aset Pemkot Surabaya Buka Lapangan Pekerjaan

Redaksi Global News

Liga 1: Demi Menit Bermain, Kevy Hengkang dari Madura United

Redaksi Global News

Seksi Ketiga Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Dinyatakan Siap Dioperasikan

Redaksi Global News