Global-News.co.id
Madura Utama

Baddrut Tamam: Embung Samiran Akan Dibenahi dan Dijadikan Lokasi Wisata

Bupati Badrut Tamam memberi cendera mata kepada HAIRUDDIN.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Surabaya, Selasa (25/1/2022), bersilaturrahmi dengan Bupati Pamekasan. Rombongan dipimpin oleh Kepala BBWS Brantas Dr Hairuddin. Mereka diterima oleh Bupati Baddrut Tamam yang didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait, di Ruang Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan.

Hairuddin mengatakan silaturrahmi yang dilakukannya terkait dengan rencana BBWS Brantas untuk membangun sejumlah fasilitas infrastruktur bidang irigasi di Pamekasan. Di antaranya penyempurnaan Embung Samiran di Desa Samiran Kecamatan Proppo.

Embung Samiran, kata Hairuddin, sudah fungsional. Tapi dia bermaksud untuk meningkatkan lagi kapasitasnya. Selama ini kapasitasnya sekitar 27 ribu meter kubik. Di embung ini, kata dia, ada dua bangunan. Satu bangunan sudah bagus dan satunya akan diproteksi dindingnya supaya tidak terlalu cepat hilang airnya dan rencana memperindah embung itu.

“Jadi kita ingin fungsinya tidak hanya untuk air baku, tapi mungkin nanti ada fungsi tambahan untuk pariwisata, sehingga saya berharap Embung Samiran ini bisa jadi percontohan untuk jenis embung yang bisa dimanfaatkan untuk tempat wisata,” katanya.

Embung Samiran, lanjut Hairuddin, sebenarnya untuk konservasi. Sebab kalau ada air tertampung mesti kawasan di sekitar itu akan lebih subur. Lalu nanti kalau terjadi paceklik air minum atau air baku, persediaan air minum bisa memanfaatkan air di embung itu.

“Jadi tahun ini kita ada pekerjaan itu. Ini saya sowan ke Bapak Bupati sekaligus tentu saya kira bersilaturahmi kepada beliau dan ingin memastikan bahwa tentu yang punya wilayah ya beliau dan kami mohon dukungannya. Ini semua untuk rakyat Pamekasan,” ungkapnya.

Ke depan, kata Hairuddin, tentu bukan hanya Embung Samiran yang akan diperhatikan. Dia mengaku mendengar di Pamekasan ini ada embung lain atau ada penampungan air lain. Karena di daerah yang curah hujannya tidak tinggi, memamg sangat perlu diperbanyak embung.

Yang juga menjadi perhatian adalah penanganan banjir. Atas perintah Kementerian PUPR BBWS harus lebih dulu membantu mengatasi banjir. Dia berharap pada pemerintah daerah kalau ada banjir segera menghubungi BBWS, untuk mendapat kiriman bantuan berbagai kebutuhan lainnya.

“Saya kira ke depan koordinasi dengan Bapak Bupati sebagai pemilik wilayah harus kita banyak lakukan. Karena beliau harus tahu apa yang dilakukan. Jadi saya tidak mau membangun di suatu daerah itu lalu tidak melapor atau sowan dulu,” ujarnya.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam berterima kasih atas rencana BBWS Brantas tersebut. Menurut dia BBWS Brantas datang ke Pamekasan mau membantu masyarakat Pamekasan untuk memperbaiki embung yang perlu dibenahi dan beberapa hal lain yang juga ingin dilakukan di Pamekasan.

“Setelah menyampaikan terima kasih kita doakan mudah-mudahan semua rombongan BBWS itu sehat sukses dan terus mengabdi yang terbaik untuk NKRI. Nanti kita diskusikan lagi soal wisata lainnya, kita masyarakat Pamekasan bahagia kedatangan rombongan BBWS yang ingin membantu kita,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Kenali Cara Jaga Kesehatan Reproduksi Perempuan saat Menstruasi

Redaksi Global News

GLOBAL NEWS EDISI 275 (17-22 DESEMBER 2020)

Redaksi Global News

Pemkab Pamekasan Segera Petakan Kemitraan UMKM dengan Investor

gas