Global-News.co.id
Kesehatan Tapal Kuda Utama

Antisipasi Omicron, Banyuwangi Perketat Pengawasan Warga Lakukan Perjalanan dari Luar Kota

Bupati Ipuk Fiestiandani mengingatkan jajaran satgas untuk meningkatkan kewaspadaan

BANYUWANGI (global-news.co.id) – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memperketat pengawasan terhadap warga masyarakat yang melakukan perjalanan luar kota seiring terdeteksinya kasus positif Covid-19 varian omicron di Jawa Timur.

Bupati Ipuk Fiestiandani mengingatkan seluruh jajaran satuan tugas (satgas) setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat, terutama warga Banyuwangi yang baru datang dari luar daerah.

“Satgas di tingkat kecamatan maupun posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di desa dan kelurahan diaktifkan kembali untuk memantau warga yang keluar atau masuk Banyuwangi,” kata Bupati Ipuk di Banyuwangi, Selasa.

Selain itu, Bupati Ipuk juga telah menginstruksikan agar operator Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk memperketat pengawasan warga yang hendak menyeberang dari Jawa menuju Bali dan sebaliknya.

“Kami akan meminta pihak Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk memperketat pengawasan, sehingga tidak kebobolan,” ucapnya.

Ipuk juga meminta agar satgas kembali mengintensifkan testing dengan melakukan tes swab secara acak terutama di ruang-ruang publik.

“Ya seperti di Puskesmas dan rumah sakit  juga harus bersiap, apalagi kita semua tahu, pakar menyebut tingkat penularan virus omicron lebih tinggi dibanding varian virus corona lainnya. Kita harus antisipasi dari sekarang,” katanya.

Peningkatan kewaspadaan itu perlu dilakukan menyusul terdeteksinya kasus positif Covid-19 varian omicron di wilayah Jatim. Apalagi pasien pertama yang terdeteksi terjangkit omicron usai melakukan perjalanan dari Bali. (ntr, ins)

baca juga :

Gubernur Khofifah Lantik Pungkasiadi Jadi Bupati Mojokerto

Redaksi Global News

Belum Terkalahkan, Persib Sapu Bersih Seri 2 Siap Hadapi Seri 3

Redaksi Global News

Hari Ini Wisata Gunung Bromo Mulai Dibuka, Khofifah Sebut Terapkan Sistem Kuota

Redaksi Global News