Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Tembak Mati Polisi, Gencatan Senjata Taliban di Pakistan Gagal

Ilustrasi. (iStock/zabelin/cnn)

JAKARTA (global-news.co.id) – Seorang anggota Taliban di Pakistan menembak mati satu personel polisi pada Sabtu (11/12), sehari setelah kelompok milisi itu menyatakan gencatan senjata dengan pasukan pemerintah setempat.

Petugas kepolisian setempat, Sajjad Khan, mengatakan  insiden ini bermula ketika dua orang yang mengendarai motor melepaskan tembakan ke arah sejumlah polisi yang sedang mengantarkan vaksin polio anak di distrik Tank.

“Pria itu melepaskan tembakan secara membabi buta, menewaskan satu polisi di lokasi dan melukai satu orang lainnya,” ujar Khan kepada AFP.

Seorang petugas kepolisian lainnya, Kamal Shah, juga mengonfirmasi kejadian ini. Menurutnya, pelaku penembakan itu langsung kabur.

Tak lama setelah itu, juru bicara Taliban di Pakistan, Muhammad Khurasani, mengklaim serangan itu dilakukan oleh anggotanya.

Khurasani menyatakan, mereka menyerang karena pasukan keamanan Pakistan lebih dulu membunuh beberapa anggota Taliban. Menurutnya, pembunuhan itu melanggar kesepakatan gencatan senjata.

Gencatan senjata itu sendiri disepakati pada Jumat atas mediasi Taliban Afghanistan. Kesepakatan itu seharusnya berjalan selama sebulan, tapi langsung gagal sehari kemudian.

Taliban di Pakistan sendiri berbeda dengan kelompok yang kini berkuasa di Afghanistan. Meski demikian, mereka punya riwayat sejarah yang mirip.

Kelompok di Pakistan terbentuk pada 2007 silam. Selama tujuh tahun belakangan, pemerintah Pakistan terus menggalakkan kampanye pemberantasan Taliban di negara itu.

Namun, Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, pada Oktober lalu mengumumkan bahwa pemerintahannya sedang berunding dengan Taliban. Khan membeberkan, pembicaraan itu difasilitasi oleh Taliban Afghanistan.

Kendati demikian, pemimpin Taliban Pakistan, Noor Wali Mehsud, mengatakan, tak ada perkembangan berarti dalam perundingan dengan pemerintah itu. (cnn, AFP)

baca juga :

Pemkot Surabaya bersama IKA ITS Jatim Bantu Rutilahu Warga Mulyorejo

Redaksi Global News

Livoli Divisi Utama 2022: Tim Putri Bank Jatim Raih Gelar Ke-4 Beruntun

Redaksi Global News

700 Dosis Vaksinasi Merdeka Anak di Minu Ngingas Waru Ditinjau Kapolresta Sidoarjo

Redaksi Global News