Global-News.co.id
Kesehatan Sosok Utama

Siap Pertahankan Emas Fornas, YJI Jatim Lakukan Seleksi Ketat


Wakil Ketua IV Kormi Jatim M Hadi Wawan Guntoro bersama pengurus YJI Jatim saat melihat seleksi Senam Jantung Sehat Seri 5 untuk persiapan Fornas VI Palembang 2022.

SURABAYA (global-news.co.id) – Keberhasilan tim Senam Jantung Sehat meraih tiga medali emas di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V 2019 Samarinda-Kaltim, membuat pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Jatim bertekad untuk mempertahankan prestasi itu pada di Fornas VI, di Palembang Sumsel, Bulan Juli 2022 nanti.

Upaya yang dilakukan oleh YJI Jatim untuk bisa kembali meraih emas di Fornas VI Palembang dengan menggelar seleksi secara ketat dengan tujuan agar bisa mendapatkan pesenam yang berkualitas dan memiliki teknik yang bagus.

Seleksi Senam Jantung Sehat Seri 5 persiapan Fornas VI Palembang 2022 digelar di Kantor Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Jatim di Surabaya, Minggu (26/12) dan diikuti sekitar 40 peserta dari Situbondo, Malang, Sidoarjo, Surabaya, dan beberapa daerah lainnya.

Wakil Ketua IV Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Jatim, M Hadi Wawan Guntoro, mengaku bangga dengan semangat para peserta. Sebab selain membidik emas di Fornas VI Palembang, kegiatan ini juga selaras dengan Program Jatim Senang Gerak (Seger) yang digagas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parwansa dengan tujuan agar masyarakat Jatim rajin bergerak atau berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Ibu gubernur (Khofifah) selama ini terus mendorong agar masyarakat gemar berolahraga dan kegiatan di KORMI Jatim juga selaras dengan tujuan tersebut,” kata M Hadi Wawan.

Ia berharap hasil seleksi ini bisa membentuk tim Senam Jantung Sehat yang solid dan bisa meraih emas di Fornas VI Palembang. “Saya berharap tim Senam Jantung Sehat Jatim bisa meraih emas di Fornas Palembang,” kata Hadi Wawan yang juga menjabat Kepala Satpol PP Jatim itu.

Selama Fornas, Tim Senam Jantung Sehat Jatim selalu bisa mendulang medali, pada Fornas I 2011 di Jakarta berhasil menempati peringkat kedua. Kemudian di Fornas II Semarang-Jateng 2013 merebut harapan I. Baru di Fornas III Bali 2015 berhasil merebut medali emas. Sedangkan di Fornas IV Banjarmasin-Kalsel meraih harapan I dan di Fornas V 2019 Samarinda-Kaltim kembali meraih medali emas.

Pada Fornas V Samarinda, tim Senam Jantung Sehat Jatim berhasil meraih tiga emas masing-masing di beregu nilai 5.040, peringkat kedua DKI Jakarta (5.015), ketiga Sumut (5.006), keempat Jabar (4.960), disusul Sulsel (4.920) dan Kaltim (4.691).

Emas kedua bagi Jatim diraih di perorangan putra dengan nilai 870, disusul Sulsel (840) dan Sumut (825). Emas ketiga direbut di perorangan putri 865, selanjutnya Jabar (860), DKI Jakarta (850), Sulsel (835), Sumbar (830) dan Jatim(825).

Salah satu tim juri, Hartik, menjelaskan, dari sekitar 40 peserta seleksi akan diambil 20 orang, kemudian diseleksi kembali dan direkrut 10 orang. “Dari 10 itu akan diambil lima terbaik dan satu cadangan,” katanya.

Dosen Unipa itu juga mengatakan, syarat bisa mengikuti seleksi ini di antaranya berusia di bawah 45 tahun, menguasai teknik Senam Jantung Sehat Seri 5 dan anggota klub senam jantung sehat. “Kita akan melihat dan menilai teknik peserta seleksi dan yang terbaik masuk tim senam jantung sehat seri V Jatim untuk berlomba di Fornas VI Palembang,” kata Hartik. (kmf, jtm)

baca juga :

Dukung PMI, BNI Optimalkan Program KAMI

Redaksi Global News

Nganjuk Terus Bersolek, Infrastruktur Jantung Kota Dibenahi

Redaksi Global News

Polisi Tabrak 7 Kendaraan, 4 Orang Masuk RS

Redaksi Global News