Global-News.co.id
Nasional Utama

Selain Huntara, Pemkab Siapkan Fasilitas Umum di Lokasi Relokasi

Pemkab Lumajang kembali menerima bantuan untuk masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru, kali ini bdari keluarga besar Kantor Kementerian Agama se-Indonesia.

LUMAJANG (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali menerima bantuan untuk masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru. Kali ini bantuan datang dari keluarga besar Kantor Kementerian Agama se-Indonesia.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Husnul Maram kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Peringgitan Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Rabu (29/12).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menguncapkan terima kasih atas donasi yang telah diberikan jajaran Kementerian Agama. Cak Thoriq sapaan akrabnya, menuturkan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan relokasi untuk masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru.

“Kita fasenya recovery, pilihannya memang harus relokasi, ada 10 ribu jiwa lebih. Ini kami sedang melakukan percepatan, relokasinya di Sumbermujur dan Oro-oro Ombo, site plannya sudah ada,” kata Cak Thoriq.

Cak Thoriq menjelaskan selain untuk hunian, pihaknya juga mempersiapkan pembangunan fasilitas umum, seperti halnya tempat ibadah, sekolah dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Sementara, Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram menyampaikan belasungkawa kepada para keluarga korban yang meninggal dunia akibat Erupsi Gunung Semeru. Pihaknya juga menyerahkan sejumlah bantuan yang dihimpun dari seluruh keluarga besar Kantor Kementerian Agama se-Indonesia.

“Ini amanah dari keluarga besar Kemenag, InsyaAllah tahap pertama akan kami berikan bantuan mudah-mudahan bermanfaat untuk pembangunan fasilitas umum, ada Rp 2,28 milyar,” ungkapnya.

Ia berharap pembangunan fasilitas umum utamanya rumah ibadah dan sekolah dapat dilaksanakan dengan cepat menyusul permukiman agar masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti hari biasa sebelum terjadi bencana. (kmj, lmj)

baca juga :

Hadapi Bhayangkara FC, Persikabo 1973 Ingin Lanjutkan Tren Kemenangan

Redaksi Global News

Lahir Kembalinya Pasar Gayam

Redaksi Global News

Finishing Touch Madura United Terkendala, RD Bersiap Hadapi Persipura

Redaksi Global News