Global-News.co.id
Sport Utama

Ronaldo Beli Saham Klub Brazil Cruzeiro

Legenda sepakbola Brazil, Ronaldo (kiri), bersama kekasihnya Celina Locks. (foto: Antara/AFP)

JAKARTA (global-news.co.id) – Penyerang legendaris timnas Brazil, Ronaldo, telah membeli saham pengendali bekas klubnya Cruzeiro, demikian laporan Reuters pada Minggu (19/12).

Ronaldo membeli saham klub tersebut dengan bantuan bank investasi Brazil XP. Legenda yang dijuluki “El Fenomeno” itu pernah bermain untuk Cruzeiro saat remaja pada awal 1990-an sebelum menjelma menjadi salah satu penyerang terbaik dalam sejarah sepakbola.

Pembelian tersebut, yang dilakukan melalui perusahaan Ronaldo Tara Sports, membuat legenda berusia 45 tahun itu menginvestasikan 70 juta dolar Amerika (sekitar Rp1 triliun) ke klub yang berbasis di Belo Horizonte, yang telah menghabiskan dua tahun di divisi dua Brazil.

“Saya sangat senang telah menyelesaikan operasi ini,” kata Ronaldo dalam sebuah video yang diunggah oleh presiden Cruzeiro, seperti dikutip Reuters.

Ronaldo ingin mengembalikan kejayaan Cruzeiro dan membawa mereka ke tempat yang seharusnya dan pantas.

“Kami memiliki banyak pekerjaan keras yang harus dilakukan. Tidak ada yang perlu dirayakan, tetapi kami membawa banyak kerja keras dan ambisi untuk membuat Cruzeiro hebat lagi,” ujar Ronaldo.

Ini adalah pembelian klub kedua bagi Ronaldo. Sebelumnya, dia telah membeli 51 persen saham klub Spanyol Real Valladolid pada 2018.

Kesepakatan itu terjadi beberapa bulan setelah Kongres Brazil menyetujui undang-undang yang memungkinkan klub sepakbola menjadi bisnis, yang secara historis dimiliki penggemar dan tertutup bagi investor luar.

“Ini adalah bisnis pertama di bidang baru yang relevan untuk pasar perbankan investasi di Brazil, negara sepakbola,” tutur CEO Banco XP, Jose Berenguer.

“Saya yakin ini transformasional dalam sejarah olahraga Brazil. Kami akan memiliki klub yang lebih kuat, dengan kapasitas untuk investasi global. Sepakbola Brazil tidak akan pernah sama lagi,” ujarnya.  (ntr, ins)

baca juga :

Vaksin COVID-19 Buatan Dalam Negeri Sedang Dikembangkan

Redaksi Global News

Sah Jadi Parpol, Partai Gelora Fokus Bentuk Pengurus di Jatim

Redaksi Global News

Berlebaran, Waspadai Ancaman Penyakit Kronis

Redaksi Global News