Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mancanegara Utama

Presidensi G20, Momentum Indonesia Menjembatani Kesenjangan Digital Dunia

Saat ini kesenjangan digital antara negara maju dan berkembang masih tinggi

JAKARTA (global-news.co.id) – Perhelatan Presidensi negara-negara ekonomi terbesar dunia atau Group of Twenty (G20) yang resmi dilaksanakan Indonesia mulai 1 Desember 2021 hingga November 2022, diharapkan menjadi momentum Indonesia menjembatani kesenjangan digital dunia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, mengatakan saat ini kesenjangan digital antara negara maju dan berkembang masih tinggi karena faktor keterbatasan teknologi dan sumber daya manusia (SDM).

“Oleh karena itu, kita tentu harus membangun kerja sama di antara negara-negara G20 yang menguasai dan melibatkan lebih dari 80 persen ekonomi dunia,” ujar Menkominfo di sela-sela acara Kick Off G20 di Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (1/12) malam.

Menkominfo menjelaskan, kerja sama tersebut akan mengantar masyarakat dunia ke suatu tahap yang lebih bagus, yaitu migrasi kegiatan ke ruang-ruang digital. Dalam hal ini, kata dia, transformasi digital menjadi tonggak penting kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

“Tentu kita berharap  penyediaan infrastruktur ICT (Information, Communication, Technology) yang lebih merata di Indonesia memperkecil disparitas digital, akan menjadi tonggak dan pilar penting (enabler) agar Indonesia dan masyarakat juga mengambil bagian yang aktif di dalam transformasi digital,” kata dia.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan pesan solidaritas yang selalu ditekankan Presiden Joko Widodo, yakni inklusivitas bersama.

Dalam hal ini, kata dia, bagaimana negara-negara yang sudah lebih maju membantu yang sedang berkembang, negara yang sudah lebih kaya membantu negara-negara miskin yang sedang berkembang dan seterusnya.

“Intinya Indonesia akan menyuarakan agar solidaritas, keadilan (justice) bagi semua bisa kita wujudkan dalam kerja bersama pemulihan pacapandemi (Post Covid-19 Recovery),” tutur dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Presidensi G20 melalui upacara opening ceremony dalam balutan Kick Off rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” secara virtual pada Rabu (1/12) malam di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. (IP, ins)

baca juga :

Bahas Penanganan Covid-19, Bupati Jember Beraudiensi dengan Kepala KPwBI

Redaksi Global News

Hasil Survei Unej Jember, Calon Lokasi KIHT Gugul Penuhi Syarat

gas

Pemkot Surabaya Kembali Keluarkan Surat Edaran Protokol untuk Perhotelan hingga Restoran

Redaksi Global News