Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

Pordam Berikan LDP untuk Anak Terdampak Erupsi Semeru

Pordam bersinergi bersama pihak lain memberikan layanan dukungan pendampingan psikososial (LDP) terhadap anak korban terdampak erupsi Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) – Pelopor Perdamaian yang secara umum disebut Pordam Kabupaten Lumajang, bersinergi bersama pihak lain memberikan layanan dukungan pendampingan psikososial (LDP) terhadap anak korban terdampak erupsi Semeru, Sabtu (25/12).

Kegiatan LDP yang berlokasi di SMAN 1 Candipuro ini menyasar anak-anak di shelter penyintas dengan melibatkan sejumlah petugas LDP dari berbagai unsur, di antaranya TRC kebencanaan dari PT Pupuk Pujang Karawang, Lanud Abd Saleh, Buba Toddie Class, UIJ Jember, Sahabat Pordam dan Pordam setempat.

Suguhan materi yang disajikan pun bervariasi, hal ini sebagai trik guna menghindari rasa jenuh anak-anak dan merangsang aktif mengikuti kegiatan. Dengan demikian, tujuan utama dari kegiatan LDP itu sendiri akan tercapai, salah satunya mengurangi trauma dan goncangan mental akibat bencana yang dialaminya.

Hadir pada kegiatan tersebut mewakili Seksi PSKBS Dinas Sosial Provinsi Jatim, Darwiyati. Menurutnya, keterlibatan pihaknya dalam giat LDP adalah pengaplikasian bentuk kepedulian Pordam Jatim yang merupakan bagian tak terpisahkan dari relawan.

Kegiatan LDP yang berlokasi di SMAN 1 Candipuro ini menyasar anak-anak di shelter penyintas dengan melibatkan sejumlah petugas dari berbagai unsur

“Mereka berada di lokasi sejak awal bencana sampai hari ini, saya hadir untuk memberikan support kepada mereka yang selama ini proaktif dan penuh semangat mengemban tugas kemanusiaan,” tuturnya.

Darwiyati juga menuangkan rasa bangganya atas dedikasi Pordam selama bertugas membantu kegiatan LDP secara maksimal. Menurutnya, melalui komunikasi dan koordinasi Pordam bersinergi di lokasi bersama petugas lainnya dalam menyajikan materi LDP kepada anak-anak penyintas.

“Semangat rekan-rekan Pordam ini patut diapresiasi dan didukung kinerjanya. Sekecil apapun perhatian kita akan sangat berarti untuk mendongkrak semangat mereka,” katanya.

Mereka juga bagian dari tim Dinsos Jatim, dan sebagai mitra Peksos dalam memberikan layanan LDP. “Jadi kita saling support,” lanjut Darwiyati. (kmf, lmj)

baca juga :

Real Madrid ke Semifinal Liga Champions

Redaksi Global News

Tinjau Vaksinasi di Unesa, Walikota Eri Pastikan terus Bergerak Bersama Kejar Herd Immunity di Surabaya

Titis Global News

Artis, Turis hingga Presiden Terkesan Masakan Rumah Makan Tera’ Bulan Bangkalan

Redaksi Global News