Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Tahan Imbang Vietnam

Timnas Indonesia menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0

SINGAPURA (global-news.co.id) – Timnas Indonesia bermain imbang dengan Vietnam dalam laga fase grup Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12). Timnas Indonesia memainkan formasi 5-4-1 melawan Vietnam yang konstan menampilkan 3-4-3.

Vietnam mencoba mengungguli penguasaan bola mengurung Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan. The Golden Star mampu menerobos pertahanan Indonesia dan masuk ke kotak penalti, namun pertahanan Indonesia cukup solid sehingga menyulitkan Nguyen Chong Puong dan kawan-kawan untuk melepaskan finishing.

Duel keras terjadi beberapa kali dan membuat pemain dari kedua kesebelasan terjatuh.

Menit ke-28 Nguyen Quang Hai mendapat peluang melakukan tembakan. Bola mengarah ke gawang dan tanpa kesulitan ditangkap Nadeo. Ini merupakan satu-satunya peluang ke arah gawang yang diperoleh Vietnam pada babak pertama.

Pertandingan berjalan satu arah sepanjang babak pertama. Timnas Vietnam terus menekan dan Indonesia kesulitan keluar dari situasi tersebut.

Pada awal babak kedua, Timnas Indonesia masih kerap mudah kehilangan bola. Sebuah sepakan jarak jauh dari Nguyen Hoang Duc masih melebar dari gawang Nadeo.

Sepuluh menit berselang serangan Vietnam kembali mengandalkan tendangan jarak jauh, kali ini dari Nguyen Tuan Anh. Bola masih melebar karena mengenai kaki pemain Indonesia dan hanya menghasilkan tendangan sudut yang juga tak berbuah gol.

Situasi langka terjadi pada menit ke-58 ketika Indonesia mendapat peluang menembak ke arah gawang melalui Ezra Walian yang disusul sepak pojok dan kemelut di kotak penalti Vietnam. Dua menit berselang Vietnam langsung membalas lewat tendangan Phan Van Duc.

Memasuki menit 60, Timnas Indonesia terlihat agak berani menguasai bola. Namun hal tersebut tak membuat peluang muncul. Justru Vietnam kembali memiliki peluang melalui Nguyen Tien Linh yang melepas tendangan dari dalam kotak penalti. Bola hanya menyusur pelan dan bukan masalah bagi Nadeo.

Ha Duc Chinh kemudian mengetuk pertahanan Indonesia pada menit ke-76 saat laga sedikit berjalan terbuka karena terjadi saling serang. Indonesia kehilangan momen melakukan serangan balik ketika Ramai Rumakiek yang menggiring bola tak didukung pemain lain. Maksud Ramai mengoper bola direbut pemain Vietnam.

Pasukan tim Golden Star pun tampak terlihat letih setelah hampir satu setengah babak mendominasi pertandingan. Peluang lain dari Vietnam melalui sepakan Nguyen PhongHung Duy juga melebar dari gawang Indonesia.

Peluang emas Vietnam dari dalam kotak penalti melalui tendangan Nguyen TienLinh juga masih bisa digagalkan. Hingga menit-menit akhir pertandingan Vietnam terus menggedor pertahanan, namun tak ada gol tercipta.

Indonesia dan Vietnam berbagi angka satu dan Tim Garuda masih memimpin di puncak klasemen Grup B dengan tujuh poin unggul selisih gol atas Vietnam.

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizki Ridho, Pratama Arhan; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Timnas Vietnam: Tran Nguyen Manh; Vu Vanh Thanh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Phong Hung Duy; Nguyen Thanh, Cung Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc; Phan Van Duc, Nguyen Quang Hai, Nguyen Chong Puong. (cnn, ins)

baca juga :

Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Dishub Nganjuk Buat Skenario Jalan Alternatif

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Dituding Lamban Serahkan Bantuan dan Tangani Corona, FPG Jatim Langsung Bantah

Redaksi Global News

DPRD Jatim Apresiasi Positif Upaya Pemprov Kawal Bansos

Redaksi Global News